5 Hari Menjabat, Presiden Peru Manuel Merino Mengundurkan Diri

Global | inewsid | Published at Senin, 16 November 2020 - 01:50
5 Hari Menjabat, Presiden Peru Manuel Merino Mengundurkan Diri

LIMA, iNews.id - Presiden Peru Manuel Merino mengundurkan diri, pada Minggu (15/11/2020) waktu setempat di tengah tekanan yang ditimbulkan oleh protes sosial di negara Amerika Selatan itu.

"Saya ingin memberi tahu bahwa saya mengundurkan diri. Saya menyerukan perdamaian dan persatuan untuk semua warga Peru," kata Merino dalam pidato yang disiarkan televisi.

Dia membuat pengumuman setelah Kongres Peru memintanya untuk mengundurkan diri di tengah protes sosial, yang telah menewaskan sedikitnya dua orang.

Merino pada Sabtu (14/11/2020) meminta kaum muda untuk tenang dan mengakhiri protes di jalan yang sehingga pemerintahnya dapat mengatasi masalah negara. Namun, aksi unjuk rasa terus berlangsung pasca Merino mengambil kekuasaan.

Diketahui, Merino mengambil alih kursi kepresidenan pada Selasa (10/11/2020), setelah Vizcarra dicopot oleh Kongres di tengah tuduhan korupsi.

Merino mengundurkan diri setelah menjabat lima hari sebagai Presiden. Pengunduran diri itu disambut dengan riuh perayaan di Lima. Para demonstran turun ke jalan sambil membunyikan klakson dan memukul pot.

Artikel Asli