Loading...
Loading…
Detik-Detik Menegangkan di Pennsylvania, Penentu Kemenangan Joe Biden

Detik-Detik Menegangkan di Pennsylvania, Penentu Kemenangan Joe Biden

Global | inewsid | Minggu, 08 November 2020 - 06:34

DELAWARE, iNews.id - Kemenangan Joe Biden dalam Pemilu Presiden (Pilpres) Amerika Serikat 2020 salah satunya ditentukan perolehan suara di negara bagian Pennsylvania. Sebelumnya, Biden sempat tertinggal jauh dari Donald Trump dalam perhitungan suara di negara bagian tersebut.

Biden memenangkan Pilpres AS setelah berhasil mengumpulkan 290 suara elektoral berdasarkan data yang dihimpun dari Reuters dan AFP, Minggu (8/11/2020) dini hari WIB. Sedangkan Trump memperoleh 214 suara elektoral.

Kepastian Biden menang Pilpres AS diperoleh pascaperhitungan suara di negara bagian Pennsylvania yang memiliki 20 elektoral vote.

Pada Pilpres 2016, Pennsylvania menjadi lumbung suara bagi Trump saat mengalahkan calon presiden dari Partai Demokrat, Hillary Clinton.

Banyak yang memprediksi Trump akan kembali merebut Pennsylvania pada pilpres tahun ini. Awalnya, Trump sempat memimpin dalam perhitungan suara sementara, dia unggul sekitar 20.000 suara sampai Kamis (5/11/2020).

Namun, situasinya berubah pada Sabtu (7/11/2020) petang waktu setempat. Biden malah berbalik unggul dengan selisih 37.355 suara populer di Pennsylvania. Total, Biden mendapat 3.350.884 suara pemilih atau 49,7 persen dari seluruh suara terhitung, sedangkan Trump mengumpulkan 3.313.529 suara pemilih atau 49,1 dari suara terhitung.

Trump minta perhitungan suara Pennsylvania dihentikan, tuding ada kecurangan

Saat perhitungan suara di Pennsylvania, tim kampanye Trump dari Partai Republik meminta ke Mahkamah Agung untuk menghentikan perhitungan suara di negara bagian tersebut karena dinilai penuh dengan kecurangan.

Namun, permintaan tersebut ditolak MA dan perhitungan suara di Pennsylvania terus berlanjut.

Trump juga menuding Biden telah mencuri kemenangannya di beberapa negara bagian lainnya seperti Michigan, Georgia dan Nevada. Namun, sampai berita ini diturunkan belum ada bukti yang diajukan oleh pihak Trump.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{
{