Loading...
Loading…
Menang Pilpres AS, Joe Biden Diguyur Ucapan Selamat dari Pemimpin Dunia

Menang Pilpres AS, Joe Biden Diguyur Ucapan Selamat dari Pemimpin Dunia

Global | inewsid | Minggu, 08 November 2020 - 02:02

JAKARTA, iNews.id - Ucapan selamat kepada Joe Biden sebagai presiden terpilih Amerika Serikat mengalir dari seluruh dunia, Sabtu (7/11/2020) waktu AS.

Para pemimpin dunia langsung memberikan ucapan selamat kepada Biden setelah dia memenangkan penghitungan suara di Pennsylvania, negara bagian yang menjadi penentu baginya.

Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin merupakan salah satu pemimpin pertama yang memberikan selamat kepada Biden yakni melalui Twitter.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada presiden terpilih AS yang baru @JoeBiden," kata Martin.

"Joe Biden menjadi teman sejati bangsa ini sepanjang hidupnya dan saya berharap dapat bekerja sama dengannya di tahun-tahun mendatang. Saya juga berharap bisa menyambutnya saat kondisi sudah memungkinkan," ujarnya, menambahkan, seperti dilaporkan kembali AFP.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pun menyusul Martin.

"Saya berharap dapat bekerja sama dengan presiden terpilih Biden, wakil presiden terpilih (Kamala) Harris, pemerintahan mereka, serta Kongres Amerika Serikat, saat kita bersama-sama menangani tantangan terbesar bagi dunia," kata Trudeau.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengucapkan selamat kepada Biden dan Harris atas pencapaian bersejarah ini.

"AS merupakan sekutu terpenting kami dan saya berharap dapat bekerja sama secara erat dalam prioritas bersama, dari perubahan iklim hingga perdagangan, dan keamanan," kata Johnson.

Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam cuitannya mengatakan, "Rakyat Amerika telah memilih presiden mereka. Selamat bagi @JoeBiden dan @KamalaHarris! Banyak yang harus kita lakukan untuk mengatasi tantangan hari ini. Mari bekerja sama."

Kanselir Jerman Angela Merkel juga memberi selamat kepada Biden dengan mengatakan hubungan trans-Atlantik Jerman dengan AS tak tergantikan.

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas memuji terpilihnya Biden sebagai awal baru untuk hubungan trans-Atlantik.

"Kami ingin berinvestasi dalam kerja sama (dengan presiden baru) untuk awal baru hubungan trans-Atlantik, \'kesepakatan baru\'," ujarnya.

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengucapkan selamat kepada Biden.
"Joe Biden telah menjadi teman sejati Yunani dan saya yakin di bawah kepresidenannya, hubungan negara kita akan tumbuh lebih kuat," tuturnya.

Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo turut memberikan ucapan selamat.

"Sebagian besar warga telah memberikan suara mereka dalam pemilihan ini. Ini menggambarkan semangat kehidupan politik Amerika dan demokrasinya," kata De Croo.

Original Source

Topik Menarik