Kebakaran Besar Melanda Kilang Minyak Ilegal Lukai 14 Orang, 40 Pemadam Kebakaran Dikerahkan

Kebakaran Besar Melanda Kilang Minyak Ilegal Lukai 14 Orang, 40 Pemadam Kebakaran Dikerahkan

Global | okezone | Jum'at, 14 Juni 2024 - 08:39
share

IRAK - Kebakaran besar-besaran di kilang minyak dekat Erbil, ibu kota wilayah Kurdistan Irak, melukai sedikitnya 14 orang dan menyebabkan kerugian jutaan dolar sebelum akhirnya dapat dikendalikan.

Kebakaran yang terjadi pada Rabu (12/6/2024) malam juga menyebabkan polusi udara yang parah.

Api berkobar di tangki minyak mentah besar pada Rabu (12/6/2024) malam sebelum menyebar ke kilang kedua di sepanjang jalan raya Gwer-Erbil di barat daya kota. Api telah padam, kata Shakhawan Saed, juru bicara Direktorat Pertahanan Sipil Erbil, dalam wawancara telepon dengan The New Arab.

Empat belas petugas pemadam kebakaran terluka, termasuk 10 kasus mati lemas dan empat luka bakar, dua di antaranya dalam kondisi kritis. Empat truk pemadam kebakaran juga ikut terbakar.

Penyebab kebakaran masih belum diketahui. Upaya pemadaman kebakaran berlangsung lebih dari 16 jam dan melibatkan lebih dari 40 tim. Gumpalan asap hitam tebal dan api oranye terang membubung di atas fasilitas tersebut, memperburuk polusi udara yang sudah serius di Erbil.

Menurut pernyataan dari Kantor Lingkungan Hidup Erbil, lkilang yang terbakar, yang terletak di jalan yang berbatasan dengan beberapa kilang lainnya, tidak memiliki izin beroperasi.

Kantor tersebut menuduh pemilik kilang tidak mengambil tindakan pencegahan keselamatan yang memadai. Kerugiannya diperkirakan lebih dari USD5 juta.

Topik Menarik