Jenderal Top Israel dan Arab Lakukan Pertemuan Rahasia saat Perang Gaza Berkecamuk

Jenderal Top Israel dan Arab Lakukan Pertemuan Rahasia saat Perang Gaza Berkecamuk

Global | sindonews | Kamis, 13 Juni 2024 - 10:55
share

Jenderal tertinggi Israel telah melakukan pertemuan rahasia dengan para jenderal negara-negara Arab awal pekan ini.

Pertemuan itu berlangsung di Manama, Bahrain, ketika perang Israel-Hamas di Jalur Gaza terus berkecamuk.

Mengutip laporan dari Axios , Kamis (13/6/2024), Kepala Staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Jenderal Herzi Halevi diam-diam melakukan pertemuan dengan para jenderal dari Bahrain, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Yordania, dan Mesir.

Komandan Komando Pusat Amerika Serikat Jenderal Michael "Erik" Kurilla ikut serta dalam pertemuan itu.

Pertemuan tersebut, yang tidak terlalu menonjolkan perhatian karena sensitivitas politik seputar konflik Gaza, berlangsung di bawah naungan Komando Pusat (CENTCOM) AS, tulis Axios .

Meskipun masyarakat mengkritik tindakan militer Israel di Gaza, pertemuan ini menandakan dialog militer dan kerja sama yang sedang berlangsung antara Israel dan negara-negara Arab di bawah CENTCOM, lanjut laporan Axios .

Militer Zionis sebelumnya mengonfirmasi kunjungan Jenderal Kurilla ke Israel atas undangan Jenderal Halevi akhir pekan lalu, atau saat pasukan Israel membantai 275 warga Palestina di Nuseirat.

Pembantaian itu terjadi selama operasi penyelamatan empat sandera Israel.

Kurilla dan Halevi mengadakan penilaian situasi operasional, membahas tantangan regional baru-baru ini dan memperkuat kemitraan strategis melawan ancaman Iran, kata juru bicara IDF Avichai Adraee di X.

Mereka juga membahas perkembangan perang melawan Hamas di Jalur Gaza dan serangan Hizbullah yang sedang berlangsung dari Lebanon, lanjut dia.

Topik Menarik