Ali Bagheri Kani Ditunjuk sebagai Plt Menlu Iran

Ali Bagheri Kani Ditunjuk sebagai Plt Menlu Iran

Global | sindonews | Senin, 20 Mei 2024 - 17:49
share

Kabinet Iran telah menunjuk Wakil Menteri Luar Negeri Ali Bagheri Kani sebagai penjabat menteri luar negeri setelah kematian Hossein Amirabdollahian dalam kecelakaan pesawat bersama Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Ali Bagheri Kani menjabat Wakil Menteri Luar Negeri sejak September 2021.

Kani adalah wakil sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran antara tahun 2007 dan 2013.

Presiden Iran Ebrahim Raisi, seorang garis keras yang dipandang sebagai calon penerus Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, tewas setelah helikopternya jatuh dalam cuaca buruk di pegunungan dekat perbatasan Azerbaijan.

Puing-puing helikopter hangus yang jatuh pada hari Minggu yang membawa Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian dan enam penumpang serta awak lainnya ditemukan pada Senin pagi setelah pencarian semalaman dalam kondisi badai salju.

Pemimpin Tertinggi Khamenei, yang memegang kekuasaan tertinggi dengan keputusan akhir mengenai kebijakan luar negeri dan program nuklir Iran, mengatakan Wakil Presiden Pertama Mohammad Mokhber, akan mengambil alih jabatan presiden sementara, kantor berita resmi IRNA melaporkan.

"Saya mengumumkan lima hari berkabung di depan umum dan menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Iran," kata Khamenei dalam sebuah pernyataan. Mokhber, seperti Raisi, dipandang dekat dengan Khamenei.

Berdasarkan konstitusi Republik Islam, pemilihan presiden baru harus diadakan dalam waktu 50 hari.

Rekaman dari televisi pemerintah Iran menunjukkan puing-puing berserakan di lereng bukit yang berkabut, sementara gambar terpisah dari IRNA menunjukkan pekerja Bulan Sabit Merah membawa jenazah yang ditutupi dengan tandu. Semua penumpang helikopter itu tewas, kata seorang pejabat senior Iran sebelumnya kepada Reuters.

Keruntuhan ini terjadi di saat meningkatnya perbedaan pendapat di Iran mengenai serangkaian krisis politik, sosial dan ekonomi. Para ulama penguasa Iran menghadapi tekanan internasional atas sengketa program nuklir Teheran dan semakin dalamnya hubungan militer dengan Rusia selama perang di Ukraina.

Sejak sekutu Iran, Hamas, menyerang Israel pada 7 Oktober, yang memicu serangan Israel di Gaza, konflik yang melibatkan kelompok-kelompok yang bersekutu dengan Iran telah meletus di seluruh Timur Tengah.

Sebuah perang bayangan yang panjang antara Iran dan Israel pecah bulan lalu dengan saling tembak-menembak drone dan rudal.

Media pemerintah melaporkan bahwa gambar dari situs tersebut menunjukkan helikopter Bell 212 buatan AS menghantam puncak gunung, meski belum ada keterangan resmi mengenai penyebab kecelakaan tersebut. Korban tewas juga termasuk gubernur Provinsi Azerbaijan Timur dan seorang imam senior dari kota Tabriz.

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada Reuters bahwa mereka tidak terlibat dalam kecelakaan itu. Bukan kami yang melakukannya, kata pejabat tersebut, yang meminta tidak disebutkan namanya.

Topik Menarik