5 Fakta Andrei Belousov, Menhan Baru Rusia yang Ditunjuk di Tengah Perang

5 Fakta Andrei Belousov, Menhan Baru Rusia yang Ditunjuk di Tengah Perang

Global | sindonews | Selasa, 14 Mei 2024 - 18:45
share

Andrei Belousov ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia yang baru. Keputusan mengejutkan ini memicu berbagai spekulasi dari sejumlah pihak.

Perombakan kabinet dilakukan Presiden Rusia Vladimir Putin di tengah gejolak perang yang masih berlangsung.

Terbaru, ia mencopot Sergei Shoigu dari posisi Menhan untuk digantikan eks wakil perdana menteri, Andrei Belousov.

Bukan hanya momennya yang dianggap kurang pas karena masih dalam keadaan perang, pengganti Shoigu juga dirasa aneh. Pasalnya, Belousov sendiri lebih dikenal dengan spesialisasi di bidang ekonomi dan tidak punya latar belakang militer.

Lalu, siapa sebenarnya sosok Andrei Belousov ini? Simak sederet faktanya berikut untuk mengenalnya.

Fakta Andrei Belousov

1. Berasal dari Moskow

Andrei Removich Belousov lahir di Moskow, 17 Maret 1959. Mengacu tahun kelahirannya, ia sudah memasuki usia ke-65 tahun.

Pada latar belakangnya, Belousov merupakan putra dari pasangan Rem dan Larissa. Di satu sisi, sang ayah adalah seorang ekonom, sementara ibunya berprofesi sebagai ahli radiokimia.

2. Punya Riwayat Pendidikan Ekonomi

Memiliki seorang ayah ekonom kemungkinan membuat Belousov ingin mengikuti jejaknya. Tercatat, ia memperoleh gelar di bidang ekonomi dari Universitas Negeri Moskow pada 1981.

Mengutip laman Aa, sepanjang 1981 hingga 2000, Belousov fokus pada penelitian ilmiah dan sempat memegang berbagai posisi di lembaga penelitian negara. Ia juga mendapat gelar doktor bidang ekonomi pada 2006.

3. Berspesialisasi di Bidang Ekonomi

Pada tahun 2000, Belousov menjadi direktur umum Pusat Analisis Makroekonomi dan Peramalan Jangka Pendek yang melayani kebutuhan praktis negara bagian. Selain itu, ia juga menjabat sebagai penasihat lepas kepala pemerintahan Rusia.

Periode 2006 hingga 2008, Belousov menjadi Wakil Menteri Pembangunan Ekonomi dan Perdagangan. Lalu, ia juga ditunjuk untuk memimpin Departemen Ekonomi dan Keuangan di Kabinet Dmitry Medvedev yang menjabat sebagai presiden pada 2008-2012.

Pada 2012 hingga 2013, Belousov kembali menjadi menteri. Kali ini, posisinya adalah menteri pembangunan ekonomi.

Memasuki 2013, Belousov mulai bekerja di pemerintahan kepresidenan sebagai penasihat Putin untuk masalah ekonomi. Ia juga dikenal dalam tugasnya sebagai ajudan presiden.

Pada 2020, Belousov diangkat menjadi wakil perdana menteri pertama. Ia ditunjuk berdasarkan perintah eksekutif Presiden Rusia.

4. Pernah Ambil Alih Tugas PM

Terlepas dari banyaknya jabatan yang pernah diemban Belousov, ia pernah mengambil alih tugas Perdana Menteri (PM). Hal ini terjadi ketika Perdana Menteri Mikhail Mishustin terjangkit Covid-19 pada 2020.

Waktu itu, Belousov dipercaya mengambil alih tugas perdana menteri. Tugas tersebut dilaksanakan hingga Mishustin membaik dari sakitnya.

5. Kehidupan Pribadi

Pada kehidupan pribadinya, Belousov menikah untuk kedua kalinya dengan jurnalis Larisa Avdeyeva. Ia punya seorang putra bernama Pavel dari pernikahan sebelumnya.

Melihat catatan hidupnya, Belousov tidak pernah bertugas di ketentaraan atau memiliki hubungan dengan wilayah militer. Namun, ia dianggap cukup dekat dengan Vladimir Putin.

Itulah sejumlah fakta dari Andrei Belousov, Menhan baru Rusia yang ditunjuk di tengah perang.

Topik Menarik