Miliarder Investor TikTok Jeff Yass Diduga Danai Kelompok Anti-Muslim dan Pro-Israel

Miliarder Investor TikTok Jeff Yass Diduga Danai Kelompok Anti-Muslim dan Pro-Israel

Global | sindonews | Kamis, 25 April 2024 - 12:39
share

Jeff Yass, miliarder donor utama dari Partai Republik Amerika Serikat (AS) yang juga investor TikTok, diduga mendanai kelompok anti-Muslim dan pro-Israel yang mendukung perang AS melawan Iran.

Laporan investigasi The Guardian dan Responsible Statecraft, Kamis (25/4/2024)mengungkap bahwa sang miliarder terkait dengan pendanaan senilai lebih dari USD16 juta untuk kelompok pendukung kebijakan militeristik AS di Timur Tengah tersebut.

Laporan tentang Yass, miliarder salah satu pendiri Susquehanna International Group—sebuah perusahaan perdagangan dan teknologi—selama ini berfokus pada perannya yang sangat besar di Partai Republik, di mana dia kini menjadi donor politik terbesar dalam siklus pemilu 2024 dan berkontribusi USD46 juta sejauh ini.

Yass juga muncul sebagai pemberi dana terbesar bagi sebuah kelompok yang menargetkan politisi progresif Summer Lee dalam pemilihan pendahuluannya, menunjukkan minatnya untuk memengaruhi hasil pemilihan pendahuluan Partai Demokrat, bukan hanya dalam meningkatkan dukungan terhadap Partai Republik.

Baca Juga: Demo Pro-Palestina Menyebar di Kampus-kampus AS Bikin PM Israel Ngeri

Namun hanya sedikit yang dilaporkan mengenai keterlibatannya dalam kelompok pendanaan yang mendukung kebijakan luar negeri AS yang pro-Israel, kebijakan AS yang agresif di Timur Tengah, dan dukungan terhadap para ahli teori yang oleh para ahli digambarkan sebagai kelompok konspirasi anti-Muslim yang ekstrem.

Filantropi Yass yang memimpin dalam bidang kebijakan luar negeri adalah USD7,9 juta yang disumbangkan ke Jerusalem Online University antara tahun 2014 hingga 2019 oleh kelompok pemberi hibah di mana dia pernah menjabat sebagai salah satu dari tiga direktur.

Investigasi Jewish Daily Forward terhadap kelompok tersebut pada tahun 2011 menemukan bahwa situs tersebut mempromosikan dirinya sebagai sumber materi pendidikan tentang Timur Tengah dan Israel, namun pesan sebenarnya dari situs tersebut jauh lebih bias.

“Di situs web dan materi promosinya, Jerusalem Online University hampir tidak menggambarkan dirinya sebagai pusat penyelidikan akademis yang netral,” tulis Jewish Daily Forward.

“Faktanya, mereka secara eksplisit membanggakan misi pro-Israel yang tampaknya sangat bertentangan dengan prinsip-prinsip akademis. Dalam salah satu iklan layanannya, blog situs Jerusalem Online University menampilkan video Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang mengatakan kepada Kongres pada Mei lalu bahwa ‘Israel adalah pihak yang benar’ mengenai Timur Tengah. Kata-kata ‘Jadilah Bagian dari Apa yang Benar’ muncul di layar saat dia berbicara," lanjut laporan tersebut.

Kontribusi tersebut berasal dari Claws Foundation, sebuah entitas di mana Yass menjabat sebagai direktur bersama Arthur Dantchik, salah satu pendiri Susquehanna, dan pengacara Alan P Dye.

Dye tidak membalas panggilan telepon untuk memberikan komentar.

The Kids Connect Charitable Fund—yang tidak mencantumkan Yass atau Dantchik sebagai direkturnya tetapi mencantumkan Claws Foundation sebagai “organisasi terkait bebas pajak” dalam pengajuan IRS dan diidentifikasi sebagai cabang filantropi kedua pria tersebut oleh Haaretz—menyumbangkan USD3,48 juta lagi kepada organisasi induk Jerusalem Online University, Imagination Productions.

Claws Foundation juga mengeluarkan hibah sebesar USD10.000 kepada Friends of the Israel Defense Forces pada tahun 2011 dan hibah sebesar USD35.000, antara tahun 2010 hingga 2011, kepada Center for Security Policy, sebuah kelompok anti-Muslim dan pendukung teori konspirasi yang didirikan oleh Frank Gaffney, yang Southern Policy Law Center menggambarkannya sebagai “salah satu Islamofobia paling terkenal di Amerika” dan Anti-Defamation League menggambarkan sebagai penyebar utama teori konspirasi “bahwa pemerintah AS telah disusupi oleh Ikhwanul Muslimin dan sejumlah tokoh politik telah menjalin ikatan sebenarnya dengan kelompok tersebut”.

Wakil presiden The Center for Security Policy, Clare Lopez, mengatakan: “Ketika umat Islam mengikuti doktrin mereka, mereka menjadi jihadis.”

Pada tahun 2013 hingga 2014, Claws Foundation mengirimkan USD250.000 ke David Horowitz Freedom Center, salah satu promotor utama teori konspirasi anti-Muslim.

Horowitz, nama yang diambil dari nama kelompok tersebut dan menjabat sebagai presidennya, pernah mengeluh bahwa umat Islam adalah “spesies yang dilindungi di negara ini” dan mengatakan bahwa dia “menunggu hari ketika umat Islam yang baik melangkah maju” di sebuah acara di Brooklyn College pada tahun 2011.

“Fakta bahwa Yass menyumbang kepada organisasi Gaffney dan Horowitz menunjukkan betapa ekstremnya politiknya,” kata Tommy Vietor, mantan juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS di bawah Presiden Barack Obama.

“Mereka berada di luar [Donald] Trump. Mereka adalah ahli teori konspirasi OG. Khususnya Gaffney.”

The Claws Foundation juga menyumbangkan USD100.000 ke Central Fund of Israel pada tahun 2014, sebuah kelompok yang digambarkan oleh New York Times sebagai “clearinghouse” untuk pembangunan permukiman di Tepi Barat yang diduduki Israel.

“The Claws Foundation telah menyumbangkan lebih dari USD300 juta, sebagian besar untuk rumah sakit anak-anak, layanan kesehatan orang dewasa, pendidikan dan seni di Amerika Serikat, dan tidak pernah berusaha memengaruhi kebijakan luar negeri AS,” kata pihak juru bicara Yass dan Dantchik.

“Selain itu, kontribusi Claws sebesar USD31 juta disumbangkan ke Shalom Hartman Institute, salah satu inisiatif apolitis pentingnya adalah membangun jembatan antara komunitas Yahudi dan Muslim. Berfokus pada beberapa kontribusi de minimis akan mendorong narasi palsu yang sesuai dengan agenda yang bias.”

Filantropi Yass juga tampaknya mendekatkan Yass dengan upaya memengaruhi hubungan AS-Israel dan AS-Iran melalui kampanye advokasi dan lobi.

Sebuah kelompok nirlaba, QXZ Inc, adalah sumber pendanaan terbesar yang dapat diidentifikasi untuk upaya American Israel Public Affairs Committee (AIPAC) untuk menghalangi diplomasi nuklir Gedung Putih dengan Iran selama masa jabatan presiden kedua Barack Obama.

Pada tahun 2015, QXZ Inc menyumbang USD1,5 juta kepada Citizens for a Nuclear Free Iran, kelompok advokasi AIPAC yang menentang Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA), sebuah perjanjian antara lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB ditambah Jerman dan Iran untuk memberlakukan pembatasan pada Program nuklir Iran sebagai imbalan bagi Iran untuk menerima keringanan sanksi.

Vietor meremehkan upaya AIPAC yang menentang JCPOA era Obama, tetapi menyatakan bahwa memilih dan memengaruhi Trump menjadi tujuan beberapa penentang kesepakatan Iran.

“[Para penyandang dana kampanye anti-JCPOA] membakar dana tersebut pada tahun 2015. Mereka tidak mampu mengalahkan Obama secara politik dalam hal mengalahkan JCPOA di Kongres sehingga mereka mengubah taktik dan mendukung Trump,” kata Vietor.

“Trump memilih untuk menarik diri dari JCPOA meskipun banyak penasihatnya mengatakan hal itu akan menjadi bencana dan memang demikian adanya. Iran semakin dekat untuk mendapatkan senjata nuklir.”

Hubungan Yass dengan kelompok yang memberikan dukungan keuangan signifikan terhadap upaya AIPAC tidak dilaporkan sampai sekarang. Keterkaitan QXZ dengan Yass terungkap ketika Strong Economy for Growth, sebuah kelompok yang berbasis di Massachusetts, menghabiskan USD1,2 juta untuk mendukung pertanyaan pemungutan suara tahun 2016 yang gagal mengenai pencabutan pembatasan sekolah piagam.

Pejabat keuangan kampanye negara mengharuskan kelompok tersebut untuk mengungkapkan identitas donornya. Yass, melalui QXZ, adalah penyandang dana terbesar dari Strong Economy for Growth.

Keterlibatan QXZ dalam pendanaan advokasi kebijakan luar negeri yang tersembunyi berlanjut pada tahun 2015 dengan kontribusi USD250.000 kepada Emergency Committee for Israel (ECI) yang dipimpin oleh pakar neokonservatif Bill Kristol, sebuah kelompok yang memasang iklan yang menyerang Obama sebagai “menyerah pada Iran” dengan JCPOA.

Connie Bruck dari The New Yorker menggambarkan strategi kelompok tersebut dan melaporkan bahwa ECI “berusaha mengintimidasi para pengkritik Netanyahu, dan para pendukung paling kuat Israel di Amerika, atas meningkatnya dorongan untuk berperang dengan Iran, dan untuk merugikan Obama”.

Menggarisbawahi komitmen QXZ terhadap sayap Partai Republik yang paling militeristik dan pro-Israel, kelompok ini menyumbangkan USD1,05 juta antara tahun 2018 hingga 2019 kepada Republican Jewish Coalition, sebuah kelompok donor besar yang sangat pro-Israel.

Juru bicara Yass tidak mengomentari hubungan Yass dengan QXZ namun membantah keterlibatan Yass dalam sumbangan kepada ECI, Republican Jewish Coalition atau pun Citizens for a Nuclear Free Iran.

“Jeff Yass tidak pernah mengarahkan QXZ untuk mendanai kelompok semacam itu dan pernyataan apa pun adalah salah,” kata pihak juru bicara tersebut.

Yass tidak mengatakan apa pun tentang agenda kebijakan luar negerinya dalam pernyataan publiknya, tetapi jadwal pertemuannya dengan Trump dan keputusan Trump yang mengubah sikapnya dalam melarang TikTok memberikan indikasi awal bahwa Yass mungkin sudah menjadi tokoh berpengaruh bagi calon presiden dari Partai Republik.

Trump memiliki rekam jejak dalam mengubah sikapnya terhadap Israel dan Iran agar sejalan dengan negara-negara donor besar. Setelah mendapatkan nominasi pada tahun 2016, Trump beralih ke posisi yang lebih militeristik di Timur Tengah—berkomitmen untuk menarik AS dari JCPOA, memindahkan kedutaan AS di Israel ke Yerusalem, dan mendukung pendekatan AS yang pro-Israel tanpa syarat terhadap konflik Israel-Palestina.

Juru bicara Yass membantah bahwa Yass mencari pengaruh dengan Trump dalam masalah kebijakan luar negeri.

“Jeff Yass tidak pernah membahas kebijakan luar negeri dengan Donald Trump, tidak pernah memberikan kontribusi kepada Trump, dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya,” kata pihak juru bicara tersebut.

“Filantropi Yass sebagian besar terfokus pada pilihan sekolah dan tidak ada hubungannya dengan kebijakan luar negeri."

“Sebagai seorang libertarian, Jeff umumnya menentang keterlibatan Amerika dalam urusan luar negeri sebagaimana dibuktikan dengan dukungannya terhadap Rand Paul dan Thomas Massie,” imbuh pihak juru bicara Yass.

Topik Menarik