Mengapa Iran Menyerang Israel?

Mengapa Iran Menyerang Israel?

Global | okezone | Selasa, 16 April 2024 - 10:49
share

IRAN - Iran meluncurkan drone dan rudal ke arah Israel setelah bersumpah akan membalas serangan mematikan terhadap konsulatnya di ibu kota Suriah , Damaskus.

Israel tidak menyatakan pihaknya melakukan serangan terhadap konsulat tersebut, namun diyakini secara luas berada di balik serangan tersebut.

Ini adalah pertama kalinya Iran menyerang Israel secara langsung. Sebelumnya Israel dan Iran telah terlibat dalam perang bayangan selama bertahun-tahun. Keduanya saling menyerang aset masing-masing tanpa mengakui tanggung jawab.

Serangan-serangan tersebut meningkat pesat selama perang di Gaza yang dipicu oleh serangan kelompok Palestina Hamas terhadap komunitas-komunitas Israel di dekatnya pada bulan Oktober lalu.

Mengapa Israel dan Iran bermusuhan?

Kedua negara merupakan sekutu hingga revolusi Islam tahun 1979 di Iran, yang melahirkan rezim yang menggunakan sikap menentang Israel sebagai bagian penting dari ideologinya.

Iran tidak mengakui hak Israel untuk hidup dan berupaya memberantasnya.

Pemimpin tertinggi negara itu, Ayatollah Ali Khamenei, sebelumnya menyebut Israel sebagai tumor kanker yang pasti akan dicabut dan dihancurkan.

Israel percaya bahwa Iran merupakan ancaman nyata sebagaimana dibuktikan oleh retorika Teheran, pembentukan kekuatan proksi yang bersumpah untuk menghancurkan Israel, pendanaan dan persenjataannya terhadap kelompok-kelompok Palestina termasuk Hamas dan kelompok militan Syiah Lebanon, Hizbullah, dan apa yang diyakini Iran sebagai ancaman Iran. upaya rahasia untuk membuat senjata nuklir, meskipun Iran membantah berupaya membuat bom nuklir.

Topik Menarik