Apa Perbedaan Gendarmerie Nasional dan Polisi Biasa di Prancis?

Apa Perbedaan Gendarmerie Nasional dan Polisi Biasa di Prancis?

Global | sindonews | Selasa, 26 Maret 2024 - 16:30
share

Perbedaan gendarmerie nasional dan polisi biasa di Prancis menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Meski sama-sama dikenal sebagai pasukan kepolisian, masing-masing di antaranya punya perbedaan mendasar.

Layaknya sebuah negara, Prancis juga memiliki unit kepolisian yang melaksanakan tugas sesuai ketentuan. Menariknya, mereka tak hanya punya satu, melainkan tiga jenis yang terpusat.

Mengutip laman European Security & Defence, Selasa (26/3/2024), secara umum pasukan kepolisian Prancis terdiri atas tiga jenis berbeda. Masing-masing adalah Polisi Nasional, Gendarmerie Nasional, dan Polisi Kota.

Lantas, apa perbedaan antara gendarmerie nasional dengan polisi biasa di Prancis tersebut? Simak ulasannya berikut untuk mengenalnya lebih jauh.

Perbedaan Gendarmerie Nasional dan Polisi Biasa di Prancis

1. Gendarmerie Nasional

Gendarmerie Nasional Prancis merupakan unit kepolisian yang berada di bawah kendali administratif Kementerian Dalam Negeri. Meski berstatus anggota kepolisian, para anggotanya adalah bagian dari militer Prancis.

Pada tugasnya, gendarmerie Prancis dibentuk untuk menjamin keselamatan masyarakat. Hal ini mencakup jaminan perlindungan individu dan properti mereka, pemberian informasi keamanan hingga upaya peringatan dan penyelamatan.

Satu hal mencolok yang membedakan gendarmerie dengan unit polisi lain di Prancis adalah ruang lingkup misinya. Mereka bertugas di daerah pedesaan dan kota-kota kecil di Prancis yang biasanya berpenduduk kurang dari 20.000 jiwa.

Meski secara tidak langsung terikat dengan angkatan bersenjata, gendarmerie secara operasional tetap mengikuti ketentuan Kementerian Dalam Negeri untuk melaksanakan misinya di Prancis. Sementara untuk investigasi kriminal dapat dijalankan di bawah pengawasan jaksa dan hakim.

Lebih jauh, gendarmerie Prancis memiliki dua unit utama. Masing-masing adalah Departmental Gendarmerie dan Mobile Gendarmerie.

Gendarmerie Departemen menjalankan fungsi kepolisian yudisial. Mereka juga bisa dibagi menjadi unit stasiun teritorial dengan tugas khusus yang relevan (misal: patroli lalu lintas, unit gunung, dan sebagainya).

Sedangkan Mobile Gendarmerie dapat bergerak untuk memperkuat unit polisi lain atau melakukan tugas khusus. Namun, umumnya mereka akan ditugaskan menjaga ketertiban umum.

2. Polisi Nasional

Polisi Nasional juga berada di bawah yurisdiksi Kementerian Dalam Negeri. Bedanya, mereka bertanggung jawab atas tugas-tugas di wilayah perkotaan.

Secara umum, fungsi polisi nasional adalah memastikan hukum ditaati dan ditegakkan. Mereka juga diarahkan pada upaya pencegahan pelanggaran dengan menggelar operasi keamanan seperti patroli, pengendalian lalu lintas, pemeriksaan identitas, dan lainnya.

Pada pengawasan peradilan, polisi nasional dapat melakukan penyelidikan kriminal hingga memberikan surat perintah penggeledahan. Selain itu, mereka bisa pula menjalankan layanan polisi kehakiman khusus untuk penyelidikan kriminal jika diperlukan.

Polisi nasional hadir sebagai lembaga penegakan hukum sipil dengan yurisdiksi utama di kota-kota besar dan kecil dengan populasi melebihi 16.000 jiwa.

Pada puncak hirarki kepolisian, terdapat Direktorat Jenderal Polisi yang membawahi divisi-divisi lain seperti Inspektorat Jenderal Polisi, Direktorat Pusat Polisi Kehakiman, Direktorat Pengawasan Wilayah, Direktorat Pusat Keamanan Umum, Direktorat Pusat Informasi Umum, Layanan Pusat Pasukan Keamanan Republik, dan lainnya.

3. Polisi Kota

Berikutnya ada polisi kota. Unit ini bertanggung jawab atas tugas kepolisian kota sehari-hari dan mencakup semua masalah kriminal serta ketertiban umum di dalam batas kotanya.

Polisi kota berkekuatan lebih dari 22.000 orang dan diorganisir dalam brigade serta kelompok berbeda. Mereka juga dapat memiliki unit khusus seperti brigade yang ditujukan untuk tugas-tugas tertentu.

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan antara gendarmerie nasional dengan polisi biasa di Prancis. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Topik Menarik