Drone Bunuh Diri Rusia Hantam Radar Penting Ukraina

Drone Bunuh Diri Rusia Hantam Radar Penting Ukraina

Global | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 12:33
share

KYIV- Rekaman video muncul yang menunjukkan drone kamikaze Rusia menyerang radar TRML-4D milik angkatan bersenjata Ukraina. Radar ini adalah komponen kunci dari sistem rudal darat-ke-udara IRIS-T SLM. dan mungkin satu-satunya dari jenisnya yang dikirim ke Ukraina hingga saat ini.

Pasukan Rusia mengatakan serangan ini dilakukan dengan amunisi berkeliaran seri Lancet. Kerusakan penuh pada TRML-4D yang terlihat dalam video terlihat tidak jelas. Tetapi ada beberapa indikasi susunan radar mungkin telah terkena.

Terlepas dari itu, radar terkenal rapuh dan tidak perlu banyak kerusakan untuk memengaruhi kemampuan misi. Kerusakan ini akan membuat sistem tidak berfungsi setidaknya untuk beberapa waktu. Itupun jika itu dapat diperbaiki. Ada juga pertanyaan di mana kendaraan ini akan menjadi sasaran Lancets Rusia. Varian amunisi berkeliaran ini memiliki jangkauan yang relatif pendek antara 40 dan 70 kilometer.

Jika TRML-4D rusak, ini bisa menjadi sangat signifikan mengingat betapa sedikitnya yang berada di tangan Ukraina. Bahkan mungkin hanya satu-satunya. Sejauh ini situs web resmi pemerintah Jerman mencantumkan satu TRML-4D yang telah dikirimkan. Negara itu telah menjanjikan tujuh lagi yang katanya belum ditransfer. Perlu dicatat bahwa Jerman juga mengatakan telah mengirim dua sistem SLM IRIS-T lengkap. Yang diasumsikan akan mencakup radar.

TRML-4D yang baru pertama kali diluncurkan pada tahun 2018, adalah radar AESA pengawasan udara C-band. Radar mobile ini memiliki fungsi pelacakan dengan ketelitian tinggi. Kemampuan ini meniadakan kebutuhan akan radar pengendali tembakan terpisah saat digunakan sebagai bagian dari sistem rudal permukaan-ke-udara seperti IRIS-T.

Dengan demikian, komponen lain dari baterai IRIS-T yang menggunakan TRML-4D biasanya adalah tiga kendaraan peluncur dan pos komando bergerak. Ukraina menerima sistem SLM IRIS-T pertamanya dari Jerman pada Oktober 2022.

Jika TRML-4D dalam video tidak berfungsi, bahkan untuk sementara, menjadi tidak jelas apa artinya IRIS-T SLM bagi Ukraina. Ada radar pertahanan udara lain di layanan Ukraina, termasuk yang telah diterimanya dari Amerika Serikat. Tetapi tidak jelas seberapa cocok mereka.

Apa pun masalahnya, serangan Lancet pada TRML-4D dan komponen sistem IRIS-T lainnya menggarisbawahi pentingnya aset pertahanan udara yang dipasok Barat ke Ukraina. Dan keinginan Rusia untuk menetralisirnya.

Sistem rudal permukaan-ke-udara Ukraina serta aset pertahanan udara lainnya, secara rutin dipanggil untuk beraksi di seluruh negeri. Termasuk di sekitar ibu kota Kyiv, untuk mempertahankan diri dari rudal Rusia, drone, dan ancaman udara lainnya.

Pejabat Ukraina telah mengatakan IRIS-T SLM sangat efektif. Terutama terhadap rudal jelajah dan drone. Senjata ini diklaim mencapai tingkat hit 90 persen sejak memasuki layanan di negara tersebut.

Karena pentingnya senjata tersebut, masuk akal bagi Rusia menargetkan aset penting seperti radar pertahanan udara dan kerugian pasti akan terjadi.

Topik Menarik