Bendungan di Ukraina Dibom Picu Banjir, Ancam Pembangkit Tenaga Nuklir

Bendungan di Ukraina Dibom Picu Banjir, Ancam Pembangkit Tenaga Nuklir

Global | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 14:23
share

KIEV, iNews.id - Bendungan Kakhovka di Kherson, Ukraina, meledak, Selasa (6/6/2023). Belum diketahui penyebab ledakan maupun pelakunya. Rusia dan Ukraina saling tuduh sebagai pelakunya.

Bobolnya bendungan menimbulkan ancaman bagi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia. Meski demikian, sejauh ini kondisi PLTN Zaporizhzhia kondusif.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) menyatakan masih memantau perkembangan situasi di PLTN dengan cermat. Badan PBB itu yakin bobolnya Bendungan Kakhovka tak memberikan dampak langsung terhadap keselamatan nuklir di PLTN.

Bendungan Kakhovka yang dibangun pada era Uni Soviet itu berada di wilayah Ukraina yang dikuasai Rusia. Air bendungan tumpah memicu banjir di daerah yang saat ini menjadi zona perang.

Badan energi atom Ukraina Energoatom menuduh pasukan Rusia yang meledakkan bendungan itu.

Debit air Bendungan Kakhovka menurun drastis menimbulkan ancaman tambahan terhadap fasilitas yang diduduki Rusia.

Air dari Bendungan Kakhovka diperlukan agar stasiun bisa menerima daya untuk kapasitor turbin dan sistem keselamatan ZNPP (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia), bunyi pernyataan Energoatom di Telegram, seperti dilaporkan kembali Reuters.

Kolam pendingin sudah penuh pada pukul 08.00 waktu setempat yakni pada ketinggian air 16,6 meter, cukup untuk kebutuhan PLTN.

Semenetara itu Rusia menyalahkan Ukraina atas insiden tersebut. Bendungan menjadi target serangan tentara Ukraina untuk merebut wilayah yang didudukinya.

Topik Menarik