Kapal Perusak China Hampir Serempet Kapal Perang AS, Menhan Austin: Perilaku Tak Bertanggung Jawab

Kapal Perusak China Hampir Serempet Kapal Perang AS, Menhan Austin: Perilaku Tak Bertanggung Jawab

Global | BuddyKu | Senin, 5 Juni 2023 - 15:31
share

REUTERS Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin menyebut tindakan China \'tidak bertanggung jawab\', setelah insiden antara kapal perusak China yang hampir menyerempet kapal perang AS di Selat Taiwan .

Angkatan Laut AS mengatakan, sebuah kapal perusak China melakukan manuver "tidak aman" di dekat kapal perang AS di Selat Taiwan pada Sabtu (3/6/2023).

"Apa yang saya katakan dalam beberapa hari terakhir, saya menyuarakan keprihatinan tentang perilaku tidak bertanggung jawab yang kita lihat dengan pencegatan jarak dekat dan dalam perilaku pemaksaan di perairan dan itu berlanjut, terang Austin, dikutip VOA.

Militer China menegur Amerika dan Kanada karena "sengaja memancing kemarahan yang berisiko", setelah angkatan laut negara itu melakukan pelayaran bersama yang jarang terjadi, melalui Selat Taiwan yang rawan.

Armada ke-7 Angkatan Laut AS mengatakan, kapal perusak berpeluru kendali USS Chung-Hoon dan HMCS Montreal Kanada melakukan transit "rutin" di selat itu hari Sabtu "melalui perairan di mana kebebasan pelayaran dan penerbangan laut lepas berlaku sesuai dengan hukum internasional."

"Transit bilateral Chung-Hoon dan Montreal melalui Selat Taiwan itu menunjukkan tekad AS dan sekutu serta mitra kami terhadap penegakan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," katanya dalam sebuah pernyataan.

Meskipun kapal perang AS transit di selat itu sebulan sekali, tetapi tidak biasa AS melakukan transit itu bersama kapal sekutu AS lainnya.

Misi itu berlangsung ketika kepala pertahanan AS dan China menghadiri pertemuan puncak keamanan kawasan utama di Singapura.

Sementara itu, Menteri Pertahanan China, Li Shangfu mengatakan pada Minggu (4/6/2023) pada pertemuan puncak keamanan, bahwa Amerika perlu menunjukkan "ketulusan" untuk menstabilkan hubungan.

China berupaya mengembangkan jenis hubungan baru dengan Amerika. Namuni pihak AS perlu bertindak dengan tulus, mencocokkan kata-katanya dengan perbuatan, dan mengambil tindakan nyata bersama dengan China dan militer kita, untuk menstabilkan hubungan dan mencegah kemunduran lebih lanjut. China dan AS harus menangani perbedaan dengan baik, berani menghadapi kesulitan, dan mencari cara yang tepat untuk menciptakan kerukunan, terangnya.

Li menambahkan, beberapa tahun terakhir hubungan China-AS terlihat buruk, pada rekor terendah sejak menjalin hubungan diplomatik.

Saya yakin Anda semua tahu penyebab dari situasi yang begitu sulit. Dunia ini cukup besar bagi negara-negara termasuk China dan AS untuk tumbuh bersama, lanjutnya.

China meningkatkan tekanan militer dan politik dalam upaya memaksa Taiwan menerima klaim kedaulatan Beijing, yang ditolak keras oleh pemerintah Taiwan.

Hubungan antara AS dan China sangat tegang karena berbagai masalah, termasuk Taiwan yang diperintah secara demokratis, sengketa wilayah di Laut China Selatan, dan pembatasan ekspor chip semikonduktor oleh Presiden Joe Biden.

Topik Menarik