Giliran China Hadapi Gelombang Panas, Sejumlah Orang Sampai Masuk Rumah Sakit!

Giliran China Hadapi Gelombang Panas, Sejumlah Orang Sampai Masuk Rumah Sakit!

Global | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 09:36
share

BERBAGAI negara tengah menghadapi gelombang panas. Kini giliran China mengumumkan dalam beberapa hari ke depan, sebagian besar China selatan diperkirakan akan dilanda suhu panas lebih dari 35 derajat Celcius.

Namun, suhu di beberapa daerah juga melebihi 40 derajat Celcius, menurut ramalan cuaca nasional Jumat lalu. Sepasang suami dan istri yang berkerja di lokasi konstruksi di bawah terik matahari mengatakan, di selatan Kota Shenzhen suhu mencapai 33 derajat Celcius pada hari Jumat kemarin, dan akhirnya banyak pekerja yang harus dilarikan ke rumah sakit.

gelombang panas

"Panas, tapi tidak ada yang bisa dilakukan, kami harus menghasilkan uang untuk keluarga," kata Zhao dilansir dari Channel News Asia.

"Bos kami tidak meminta kami kembali dari makan siang lebih cepat, karena beberapa orang sudah dirawat di rumah sakit karena sengatan panas," kata Zhao.

Sehubungan dengan gelombang panas ini, Gao Rong, Wakil Direktur Pusat Iklim Nasional menjelaskan, suhu nasional bulan ini hampir sama dengan tahun sebelumnya. Tetapi di beberapa bagian delta Sungai Yangtze, termasuk Shanghai, serta bagian barat daya China, seperti Sichuan dan Yunan, suhu akan lebih tinggi 1 hingga 2 derajat Celcius.

Efek dari gelombang panas ini, permintaan listrik di Pusat manufaktur selatan, termasuk Guangdong telah melonjak dalam beberapa hari terakhir.

Dengan China Southern Power Grid, salah satu dari dua operator jaringan negara itu, melihat beban daya puncak melebihi 200 juta kilowat dibeberapa minggu awal dari biasanya dan mendekati rekor tertinggi dalam sejarah.

Kondisi suhu panas ini dikeluhkan warga di sana, contohnya Mei sebagai pemilik panti pijat di Shenzhen, menyesalkan bahwa dia sudah harus menyalakan AC. Sehingga biaya listrik ikut meningkat.

"Biasanya bulan Juni panas secara bertahap, tapi tahun ini sangat mendadak," katanya, menolak menyebutkan nama lengkapnya.

"Biaya listrik jadi naik menjadi 2.103.332 Rupiah per bulan, tetapi pelanggan membutuhkan AC yang dingin," keluhnya

Topik Menarik