Daftar Empat Miliarder Argentina, Marcos Galperin Posisi Pertama

Daftar Empat Miliarder Argentina, Marcos Galperin Posisi Pertama

Global | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 11:32
share

IDXChannel - Argentina dikenal sebagai negara dengan kekuatan sepak bolanya. Timnas sepak bola Argentina pun dijadwalkan bertanding dengan Indonesia pada Juni 2023 ini. Di luar sepak bola, Argentina mempunyai sejumlah miliarder. Berikut deretan miliarder Argentina.

Marcos Galperin

Marcos Galperin merupakan pendiri dan CEO platform e-commerce MercadoLibre, eBay Amerika Latin. Galperin menyelesaikan pendidikan S1 dengan konsentrasi ekonomi dan keuangan di University of Pennsylvania.

Selanjutnya gelar MBA ia raih dari Stanford University. Galperin pernah bekerja di perusahaan minyak Argentina YPF selama tiga tahun serta magang di JPMorgan sebelum memulai MercadoLibre pada 1999. Diketahui, MercadoLibre beroperasi di 18 negara Amerika Latin dan Portugal.

Perusahaan ini menjadi perusahaan publik di Nasdaq pada 2007. Melansir Forbes, harta kekayaan yang dimiliki Marcos Galperin mencapai USD5,4 miliar.

Gregorio Perez Companc

Pria ini lahir dengan nama Jorge Gregorio Bazan di Buenos Aires pada 1934. Pada 1945, ia diadopsi oleh Margarita Companc de Perez Acuna, seorang sosialita. Gregorio Perez menikah dengan Maria del Carmen Sundblad Beccar Varella. Pernikahan mereka telah dikarunia delapan anak. Ia membangun sebagian besar kekayaannya d Petrolera Perez Companc, bisnis keluarga di bidang minyak dan gas yang pertama kali didirikan oleh ayah angkatnya pada 1946.

Pada 2002, Perez mengumumkan penjualan saham keluarga Petrolera Perez Companc kepada raksasa minyak Brasil Petroleo Brasileiro SA (Petrobas) senilai USD1 miliar. Pada bulan Desember 2009, ia pun mengundurkan diri dalam keterlibatan bisnisnya. Perez memberikan sahamnya kepada anak-anaknya. Melansir Forbes, harta kekayaan yang dimiliki Gregorio Perez sebesar USD3,4 miliar.

Eduardo Eurnekian

Eduardo Eurnekian merupakan miliarder Argentina keturunan Armenia. Sebagai miliarder Argentina, harta kekayaan yang dimilikinya mencapai USD2 miliar. Eurnekian lahir dari orang tua imigran Armenia. Keluarganya mendirikan pabrik tekstil. Namun, pada 1980-an, ia memilih untuk mempelajari bisnis tv kabel.

Usahanya berhasil, ia mampu meraup keuntungan USD750 juta dari penjualan perusahaan TV Argentina Cablevision pada 1990-an. Pada Februari 2018, Corporacion America Airports miliknya go public di New York Stock Exchange. Di bawah Corporacion America, Eurnekian menandatangani perjanjian dengan pemerintah Armenia terkait pengelolaan operasi Bandara Internasional Zvartnots pada Desember 2021.

Alejandro Bulgheroni

Alejandro Bulgheroni mempunyai kekayaan mencapai USD1,8 miliar. Bulgheroni serta mendiang saudaranya, Carlis, mengambil alih perusahaan energi Argentina Bridas Corp yang didirikan oleh sang ayah pada 1985. Bridas menyediakan suku cadang untuk jaringan pipa minyak perusahaan nasional.

Bulgheroni bersaudara menjual 50% saham Bridas ke perusahaan minyak China, CNOOC sebesar Rp45 triliun pada 2011. Pada September 2017, mereka menandatangani perjanjian bebas uang tunai dengan BP untuk membentuk perusahaan energi terintegrasi milik swasta terbesar di Argentina.

(SAN)

Topik Menarik