Badan Antariksa Jepang Pilih 2 Astronaut Baru

Badan Antariksa Jepang Pilih 2 Astronaut Baru

Global | koran-jakarta.com | Rabu, 1 Maret 2023 - 16:17
share

TOKYO - Badan Eksplorasi Antariksa Jepang JAXA memilih seorang pria dan seorang perempuan untuk menjadi astronot terbaru badan tersebut setelah menerima rekor jumlah pendaftar sebanyak 4.127.

Makoto Suwa tinggal di Amerika Serikat (AS) dan bekerja di Bank Dunia dan kini berusia 46 tahun, merupakan orang tertua yang dipilih JAXA sebagai astronot. Sementara itu, Ayu Yoneda, 28 tahun, yang tinggal di Tokyo dan merupakan dokter bedah di Pusat Medis Palang Merah Jepang, akan menjadi astronot termuda di JAXA.

Suwa lulus dari Universitas Tokyo dan memperoleh gelar doktor di Universitas Princeton. Di Bank Dunia, ia terlibat dalam sejumlah proyek yang berkaitan dengan perubahan iklim dan mitigasi bencana. Ia mendaftar program ini untuk yang kedua kalinya.

Sedangkan Yoneda lulus dari Universitas Tokyo pada 2019.

"Ia merupakan perempuan pertama dalam 24 tahun yang terpilih menjadi astronot," lapor kantor berita NHK , Selasa (28/2).

Suwa dan Yoneda akan berhenti dari pekerjaan mereka saat ini dan bergabung dengan JAXA pada April. Mereka akan menjalani pelatihan yang dibutuhkan di NASA dan fasilitas lainnya. Keduanya diperkirakan akan diakui sebagai astronot secara resmi sekitar Maret 2025.

Mereka kemungkinan akan ikut serta dalam proyek eksplorasi Nulan global dan menumpang stasiun antariksa baru yang akan mengorbit bulan. Keduanya bahkan mungkin akan menginjakkan kaki di Bulan.

Suwa dan Yoneda berbicara kepada wartawan di Tokyo pada Selasa. Suwa mengatakan diberi tahu tentang terpilihnya dirinya 24 jam sebelum konferensi pers. Ia mengatakan sangat terkejut. Ia juga merasa memikul tanggung jawab yang besar. Suwa mengatakan merasa berdebar-debar kemarin malam dan tidak bisa tidur. Ia menambahkan ingin melaksanakan tugas dengan baik.

Sedangkan Yoneda mengungkapkan dirinya senang saat diberi tahu, tetapi pada saat yang sama juga merasa terkejut. Ia mengatakan merasakan tanggung jawab yang kuat. Ia juga berterima kasih kepada semua orang yang telah mendukungnya. NHK/I-1

Topik Menarik