Yoshihide Suga Muncul sebagai Calon Kuat Pengganti Abe

Global | sindonews | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 22:02
Yoshihide Suga Muncul sebagai Calon Kuat Pengganti Abe

TOKYO - Yoshihide Suga merupakan orang kepercayaan Shinzo Abe yang muncul sebagai calon kuat pengganti Abe sebagai perdana menteri (PM) Jepang.

Abe merupakan PM yang paling lama menjabat di Jepang. Dia mengundurkan diri pada Jumat (28/8) akibat kondisi kesehatan yang memburuk.

Pengunduran itu memicu pemilu internal untuk memilih ketua Partai Demokrat Liberal (LDP). Saat beberapa orang telah mendeklarasikan niatnya untuk maju dalam pencalonan ketua LDP, Suga mengaku dia tidak ingin jabatan itu.

Namun komentar itu mendapat tanggapan dari media dalam beberapa hari terakhir sehingga dia menjadi sorotan publik. "Mereka benar-benar berupaya membuat Suga menggantikan Abe dan melanjutkan pemerintahan Abe tanpa Abe," papar profesor ilmu politik dari Universitas Sophia, Koichi Nakano.

Saat wawancara dengan Reuters pekan ini, Suga menekankan perlunya mendorong pertumbuhan ekonomi di atas langkah pembatasan untuk mencegah penyebaran virus corona. Dia juga menyoroti perlunya mendorong pariwisata.

"Kita perlu mempertimbangkan bahwa kita dapat mencegah ekonomi terjun ke jurang," kata Suga di kantor parlemen, dengan latar foto besar dia berdiri di samping Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Saat wawancara itu, Suga menyatakan tak menginginkan jabatan PM, saat Abe belum mengumumkan pengunduran dirinya. Saat itu dia memberikan wawancara pada minimal empat organisasi media.

Suga dipilih Abe pada 2012 untuk peran penting sebagai kepala sekretaris kabinet, bertindak sebagai juru bicara pemerintah, mengkoordinasikan kebijakan dan menangani para birokrat. (Baca Juga: Diseret China dalam Konflik Laut China Selatan, Indonesia Waspadalah)

Pemenang pemilihan ketua LDP dapat dipastikan menjadi PM Jepang karena partai itu memiliki kursi mayoritas di parlemen. Pemenang pemilihan itu akan menjalankan sisa jabatan Abe sebagai ketua LDP, yang berakhir pada September 2021. (Baca Infografis: Pemeran Black Panther, Chadwick Boseman Meninggal Dunia)

Mantan menteri pertahanan Shigeru Ishiba, 63, juga diperkirakan maju dalam pencalonan ketua LDP. Ishiba populer bagi publik tapi kurang didukung anggota parlemen. (Lihat Video: Pulau Pendek di Buton Dijual Murah di Situs Online)

Artikel Asli