Korban Tewas Gempa Dahsyat Turki-Suriah Diprediksi Tembus 10 Ribu Jiwa

Korban Tewas Gempa Dahsyat Turki-Suriah Diprediksi Tembus 10 Ribu Jiwa

Global | koran-jakarta.com | Selasa, 7 Februari 2023 - 13:30
share

Gempa bumi dahsyat berkekuatan magnitudo 7,8 terjadi di Turki dan Suriah pada Senin (6/2). Peristiwa tersebut saat ini telah menewaskan 4 ribu orang, dan diprediksi akan terus meningkat seiring tim penyelamat melakukan pencarian di antara tumpukan reruntuhan gedung.

Survei Geologi Amerika Serikat (United States Geological Survey/USGS) memprediksi korban tewas akibat gempa di Turki hingga Suriah bisa mencapai 10 ribu orang.

USGS memperkirakan ada peluang 47 persen untuk peluang korban meninggal dunia tembus antara 1.000 hinga 10.000 orang. Sedangkan, ada peluang 27 persen korban tewas 100 sampai 1.000 orang, lalu 20 persen bisa menjangkau 10 ribu hingga 100 ribu jiwa.

Perkiraan USGS berasal dari pemodelan berdasarkan sejarah gempa bumi di wilayah tersebut, populasi yang terkena goncangan terberat, dan kerentanan struktur di zona yang paling terpukul.

"Jumlah korban yang tinggi dan kerusakan yang luas kemungkinan besar terjadi dan bencana itu kemungkinan besar meluas," kata USGS dalam laporan tersebut, dikutip dari CNN International , Selasa (7/2).

"Populasi di wilayah ini tinggal di struktur yang sangat rentan terhadap goncangan gempa, meski ada beberapa struktur yang tahan," lanjutnya.

Dalam laporan tersebut juga memperkirakan kerugian ekonomi kemungkinan akan berkisar antara US$1 miliar hingga US$10 miliar, yang dapat mencapai hingga 2 persen dari PDB Turki.

Dilansir dari Associated Press , USGS mengukur gempa berkekuatan 7,8 dengan kedalaman 18 kilometer. Beberapa jam kemudian, gempa berkekuatan 7,5, yang kemungkinan dipicu oleh getaran gempa pertama, melanda lebih dari 100 kilometer jauhnya.

"Gempa pertama terjadi pada pukul 04.17 (0117 GMT) pada kedalaman sekitar 18 kilometer di dekat Kota Gaziantep, Turki," lapor USGS.

Ribuan bangunan dilaporkan runtuh di wilayah luas yang terbentang dari kota Aleppo dan Hama di Suriah hingga Diyarbakir Turki, lebih dari 330 kilometer ke arah timur laut. Di Turki saja, lebih dari 5.600 bangunan hancur. Akibat gempa tersebut, puluhan ribu orang yang kehilangan tempat tinggal.

Di Suriah, gempa melanda daerah yang dikuasai pemerintah, begitu juga yang terjadi di wilayah oposisi. Di daerah yang dikuasai pemberontak, ratusan keluarga masih terperangkap di reruntuhan.

Menurut otoritas Turki, setidaknya 2.921 orang tewas di 10 provinsi Turki, dengan hampir 16.000 orang terluka.

Sementara jumlah korban tewas di wilayah yang dikuasai pemerintah Suriah naik menjadi 656 orang, dengan sekitar 1.400 orang terluka. Sedangkan di barat laut negara yang dikuasai pemberontak, melaporkan sedikitnya 450 orang tewas.

Topik Menarik