Jokowi Kenang Pertemuan Pertama serta Doakan Shinzo Abe Cepat Sembuh

Global | inewsid | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 19:00
Jokowi Kenang Pertemuan Pertama serta Doakan Shinzo Abe Cepat Sembuh

JAKARTA, iNews.id - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mendoakan Shinzo Abe lekas sembuh dari penyakitnya. Jokowi juga mengenang sosok Abe yang pertama kali dikenalnya pada enam tahun silam.

Melalui akun Twitter resminya, Jokowi menuliskan kicauan berbahasa Inggris pada Jumat (28/8/2020). Jokowi mendoakan Abe cepat sembuh serta berterima kasih atas peran aktifnya menjaga hubungan diplomatik dua negara di kawasan Asia.

Jokowi juga tak lupa menuliskan pengalaman pertama bertemu Abe yang masih menjabat Perdana Menteri Jepang pada 2014. Saat itu merupakan periode pertama pemerintahan Jokowi.

"PM Abe adalah salah satu pemimpin dunia yang saya temui saat menjabat Presiden Indonesia 2014," demikian Tweet akun @Jokowi.

"Di bawah kepemimpinannya, kami menjalin hubungan kuat dua negara antara Indonesia-Jepang."

"Terima kasih @PMAbeShinzo @JPN_PMO untuk pertemannya. Semoga Anda selalu diberi kesehatan," lanjut kicauan Jokowi.

Shinzo Abe memutuskan mundur dari jabatan Perdana Menteri (PM) Jepang pada Jumat (28/8/2020). Masalah kesehatan menjadi pertimbangan utama Abe berhenti dari tugasnya. Pria 65 tahun diketahui menderita penyakit kolitis ulserativa, penyakit kronis inflamasi, selama bertahun-tahun.

Dia khawatir kondisi fisiknya akan mempengaruhinya dalam mengambil keputusan.

"Sekarang saya tidak dapat memenuhi amanat rakyat dengan percaya diri, saya telah memutuskan bahwa saya tida boleh lagi menduduki posisi perdana menteri," kata Abe dikutip dari AFP, Jumat (28/8/2020).

Sebelumnya, Abe memegang rekor perdana menteri terlama dalam sejarah Jepang yakni delapan tahun memimpin Negeri Matahari Terbit.

Artikel Asli