Australia dan Selandia Baru Umumkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Turki-Suriah

Australia dan Selandia Baru Umumkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Turki-Suriah

Global | koran-jakarta.com | Selasa, 7 Februari 2023 - 13:00
share

ANKARA - Australia dan Selandia Baru, Selasa (7/2), mengumumkan akan memberikan bantuan kemanusiaan jutaan dolar bagi para korban gempa bumi dahsyat di Turki dan Suriah.

Dalam konferensi pers bersama di Canberra, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan rekannya dari Selandia Baru Chris Hipkins menyampaikan simpati dan belasungkawa terdalam mereka kepada keluarga dan komunitas yang kehilangan orang yang dicintai.

"Kami telah melihat ribuan kematian dan puluhan ribu luka akibat tragedi ini," kata Albanese dikutip media Turki, Anadolu Agency.

"Beberapa gempa bumi yang melanda kawasan ini memiliki dampak yang menghancurkan, dan hari ini saya dapat mengumumkan bahwa pemerintah Australia akan memberikan bantuan kemanusiaan awal sebesar A$10 juta ($6,94 juta) kepada mereka yang terkena dampak melalui mitra Palang Merah dan Bulan Sabit Merah kami dan melalui lembaga kemanusiaan," katanya.

Hipkins juga mengumumkan bahwa negaranya akan menyumbang NZD$1,5 juta ($948.007) dan mengatakan menteri luar negerinya akan merilis rincian lebih lanjut.

"Jadi hati kami bersama mereka. Selandia Baru juga akan berkontribusi pada upaya internasional. Menteri luar negeri di Selandia Baru akan merilis rincian NZD$1,5 juta yang juga akan kami sumbangkan. Kami harus segera merilisnya . Tapi sementara itu, bisakah saya menambahkan juga pemikiran orang-orang Selandia Baru," katanya.

Sedikitnya 2.921 orang tewas dan 15.834 lainnya luka-luka di 10 provinsi Turki akibat dua gempa kuat yang mengguncang bagian selatan negara itu, kata seorang pejabat dari badan bencana nasional pada Selasa pagi.

Senin dini hari, gempa berkekuatan 7,7 skala Richter melanda distrik Pazarcik di provinsi Kahramanmaras dan mengguncang kuat beberapa provinsi lain, termasuk Gaziantep, Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyaman, Malatya, Osmaniye, Hatay dan Kilis.

Kemudian pada pukul 13.24 waktu setempat, gempa berkekuatan 7,6 yang berpusat di distrik Elbistan Kahramanmaras melanda wilayah tersebut.

Di Suriah, pejabat pemerintah dan penyelamat melaporkan bahwa sedikitnya 1.300 orang tewas dan lebih dari 2.400 lainnya luka-luka akibat gempa tersebut.

Topik Menarik