Palang Merah: Gaza Tak Akan Mampu Atasi Pandemi Covid-19

Global | sindonews | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 18:01
Palang Merah: Gaza Tak Akan Mampu Atasi Pandemi Covid-19

JALUR GAZA - Komite Internasional Palang Merah (ICRC) memperingatkan bahwa sistem layanan kesehatan di Jalur Gaza tidak akan mampu menghadapi pandemi virus corona.

Direktur ICRC Gaza Ignacio Casares Garcia menyatakan bahwa sistem layanan kesehatan di Gaza tidak akan mampu menghadapi lebih dari satu lusin pasien virus corona.

Menurut dia, perawatan pasien Covid-19 memerlukan peralatan medis dan laboratorium serta pengobatan khusus yang tak ada di rumah sakit dan pusat kesehatan di Gaza.

"Populasi Gaza dalam tekanan yang mengerikan. Orang tertekan, tidak hanya mereka Cuma mendapat jatah listrik empat jam per hari, mereka khawatir dengan virus yang berbahaya dan mereka sekarang dalam lockdown," kata Garcia.

"Gaza telah berupaya mencegah penyebaran virus dengan karantina ketat yang tampaknya berjakan baik hingga pekan ini. Hal itu berubah dengan pengumumkan kasus dari luar pusat karantina," ujar Garcia. (Baca Juga: Diseret China dalam Konflik Laut China Selatan, Indonesia Waspadalah)

Pernyataan itu menunjukkan dukungan kuat ICRC pada warga di Jalur Gaza yang menghadapi virus corona. ICRC menekankan perlunya semua bantuan internasional untuk menghadapi krisis itu. (Baca Infografis: Pemeran Black Panther, Chadwick Boseman Meninggal Dunia)

"ICRC telah memberikan pasokan dan peralatan, termasuk peralatan ICU, khlorin, alat pelindung diri dan pasokan rumah sakit, serta memperbaiki infrastruktur di rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 di Gaza," ungkap ICRC. (Lihat Video: Pulau Pendek di Buton Dijual Murah di Situs Online)

Artikel Asli