Shinzo Abe Mundur dari Jabatan PM Jepang, China: Semoga Lekas Sembuh

Global | inewsid | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 16:41
Shinzo Abe Mundur dari Jabatan PM Jepang, China: Semoga Lekas Sembuh

BEIJING, iNews.id – China pada Sabtu (29/8/2020) ini menyampaikan pujian atas upaya penting yang dilakukan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, untuk membangun dan mencapai banyak kemajuan baru dalam hubungan kedua negara. Beijing pun berharap kesehatan Abe segera pulih kembali.

Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan antara China dan Jepang semakin membaik dan mencapai perkembangan baru. Para pemimpin kedua negara telah mencapai konsensus penting dalam mempromosikan pembentukan hubungan bilateral yang memenuhi persyaratan era baru, menurut Kementerian Luar Negeri China.

“Kami memiliki penilaian positif atas upaya penting yang dilakukan oleh Perdana Menteri Abe untuk mencapai tujuan ini dan pada saat yang sama berharap dia segera sembuh,” ucap Juru Bicara Kemlu China, Zhao Lijian, kepada wartawan, dikutip Xinhua.

“Kami bersedia bekerja sama dengan pihak Jepang untuk tetap berpegang pada prinsip dan semangat empat dokumen politik antara China dan Jepang; terus memperdalam kerja sama dalam pemberantasan antiepidemi, serta; pembangunan ekonomi dan sosial, serta mendorong keberlanjutan peningkatan dan pengembangan hubungan bilateral,” ujar Zhao.

Shinzo Abe mengundurkan diri dari posisi Perdana Menteri Jepang. Dalam pernyataan resminya, Abe juga meminta maaf kepada rakyat Jepang tidak bisa menjalankan tugasnya hingga akhir.

Abe memutuskan mundur dari Perdana Menteri karena masalah kesehatan. Dalam dua bulan terakhir, Abe diketahui sudah lebih dari empat kali menjalani perawatan. Pria 65 tahun khawatir kondisi fisiknya akan memengaruhinya dalam mengambil kebijakan.

“Sekarang saya tidak dapat memenuhi amanat rakyat dengan percaya diri, saya telah memutuskan bahwa saya tida boleh lagi menduduki posisi perdana menteri,” kata Abe dikutip dari AFP, Jumat (28/8/2020).

Artikel Asli