Produk Baru Adidas Yeezy Dikecam Komunitas Muslim karena Pakai Nama Malaikat Islam

Global | inewsid | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 15:39
Produk Baru Adidas Yeezy Dikecam Komunitas Muslim karena Pakai Nama Malaikat Islam

JAKARTA, iNews.id - Produk sepatu baru Adidas berkolaborasi dengan rapper Kanye West menuai kecaman karena dianggap menghina Islam. Penyebabnya, sepatu Adidas Yeezy Boosts yang baru dirilis menggunakan nama malaikat dalam Islam.

Adidas memperkenalkan produk sepatu Yeezy Boost 350 Israfil dan Yeezy Boosts 350 V2 Asriel pekan lalu. Peluncuran dua produk itu justru memicu kecaman dari publik karena dianggap melakukan pelecehan terhadap simbol Islam.

Di media sosial Twitter, warganet menyerukan petisi pemboikotan produk tersebut serta mendesak Adidas mengubah nama produk sepatu kerja sama dengan Kanye sejak 2009.

"Memberi nama sepatu dengan nama Malaikat Tuhan yang penting dalam agama Islam sangat tidak sopan," tulis seorang warganet di Twitter.

@Adidas yang terhormat, saya akan BERHENTI membeli dan menggunakan produk Anda jika nama sepatu terbaru Kanye West itu tidak diubah karena TIDAK MENGHORMATI Islam," tulis warganet lainnya seperti dikutip dari hypebeast pada Sabtu (29/8/2020).

"Saya tidak akan mendukung Adidas selama masih bekerja sama dengan Kanye West. Dia sakit dan butuh bantuan. Adidas tidak melakukan apapun untuk menjadikan situasinya lebih baik," demikian kicau @jbecks76.

Sementara kritikus menduga Adidas dan Kanye sengaja melakukanya sebagai taktik pemasaran untuk mendapatkan publisitas. Terlepas dari kontroversial yang ditimbulkan, produk sepatu Yeezy Boost Israfil telah terjual habis sedangkan model Asrielakan dirilis bulan depan.

Kontroversi produk sepatu Adidas Yeezy muncul di tengah pencalonan Kanye West sebagai presiden AS. Dia berencana menantang kandidat presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, dan Donald Trump dari Partai Republik.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak Kanye West maupun Adidas menanggapi kecaman publik terkait kontroversi produk Adidas Yeezt Boost terbaru.

Artikel Asli