Anggap Teman Baik, Trump Beri Penghormatan Tertinggi kepada Abe

Global | sindonews | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 15:03
Anggap Teman Baik, Trump Beri Penghormatan Tertinggi kepada Abe

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa ia menganggap mantan Perdana Menteri JepangShinzo Abe sebagai teman baik. Ia pun menyatakan keprihatinannya atas keputusan Abe untuk mundur karena alasan kesehatan.

"Saya ingin memberikan penghormatan tertinggi saya kepada Perdana Menteri Shinzo Abe teman baik saya," kata Trump kepada wartawan di atas pesawat kepresidenan AS, Air Force One.

"Saya hanya merasa sangat buruk tentang itu," imbuhnya merujuk pada alasan kesehatan yang menjadi dasar keputusan Abe untuk mundur seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (29/8/2020).

Trump mengatakan Abe sangat mencintai negaranya dan mengatakan dia berencana untuk meneleponnya.

Shinzo Abe mengumumkan pengunduran dirinya pada hari Jumat kemarin karena kondisi kesehatannya memburuk. Abe telah bertarung dalam jangka panjang dengan penyakit kolitis ulserativa atau radang usus besar dan memaksanya mengakhiri masa jabatan sebagai perdana menteri terlama di Jepang. (Baca: Resmi, PM Jepang Shinzo Abe Mengundurkan Diri)

Tim Abe saat ini sedang mengatur kunjungan pada Senin pekan depan, dengan mantan perdana menteri itu memberi tahu presiden secara langsung tentang pengunduran dirinya. Begitu bunyi laporan kantor berita Kyodo, mengutip sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri menolak berkomentar terkait hal ini.

Abe, pemimpin asing pertama yang bertemu dengan Trump sebagai presiden terpilih, menjalin hubungan dekat dengannya, bermain golf, dan sering melakukan panggilan telepon dan rapat.

Saat mengumumkan pengunduran dirinya, Abe mengatakan bahwa memperkuat aliansi AS-Jepang membantu meningkatkan pertahanan Jepang. (Baca: Dunia Terkejut dengan Pengunduran Diri Perdana Menteri Jepang Abe)

Artikel Asli