Hindari Amukan Badai Laura, Belasan Orang Malah Tewas Keracunan Gas Karbon Monoksida

Global | inewsid | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 14:00
Hindari Amukan Badai Laura, Belasan Orang Malah Tewas Keracunan Gas Karbon Monoksida

LOUSIANA, iNews.id - Badai Laura yang menghantam negara bagian Lousiana dan Texas di selatan Amerika Serikat merenggut korban jiwa. Otoritas berwenang melaporkan sedikitinya 14 orang tewas serta ratusan bangunan mengalami kerusakan.

Gubernur Lousiana, John Bel Edwards, mengonfirmasi setidaknya 10 orang meninggal dunia di negara bagiannya. Setengahnya diketahui tewas akibat keracuanan gas karbon monoksida setelah menyalakan generator portabel di ruangan selama badai menghantam pada Kamis (27/8/2020).

Tiga kematian lainnya disebabkan oleh pohon tumbang yang menimpa rumah, serta seorang pria tenggelam setelah kapalnya tenggelam dalam badai.

Kencangnya kekuatan angin Badai Laura memutus kabel listrik yang menyebabkan 464.813 pelanggan tak bisa menikmati aliran listrik di Lousiana pada hari Jumat (28/8/2020), demikian yang dikutip dari AFP, Sabtu (29/8/2020).

Sebelum menghantam Lousiana, Badai Laura sempat memporak-porandakan Texas pada pertengahan pekan ini. Empat warga dilaporkan tewas selama badai berlangsung, tiga di antaranya disebabkan keracunan karbon monoksida hasil pembuangan generator portable.

Menurut laporan polisi setempat, para korban yang berusaha mencari tempat perlindungan baru di rumah biliard di kota Port Arthur membawa serta generator ke dalam ruangan dan menyalakannya.

Badai Laura yang menghantam kawasan selatan Amerika Serikat berubah menjadi badai berkategori 4 pada pekan ini. Sebelumnya, Badai Laura menghantam Haiti di Laut Karibia pekan lalu yang menyebabkan 31 orang tewas.

Artikel Asli