Alasan Zelenskyy Ganti Menteri Pertahanan Ukraina, Korupsi dan Uni Eropa

Alasan Zelenskyy Ganti Menteri Pertahanan Ukraina, Korupsi dan Uni Eropa

Global | koran-jakarta.com | Senin, 6 Februari 2023 - 11:49
share

KIEV - Menteri pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov akan digantikan oleh kepala intelijen militer menjelang serangan Rusia yang diperkirakan terjadi dan menyusul skandal korupsi, kata seorang anggota parlemen senior, Minggu (5/2).

"Kami sedang mempersiapkan keputusan dan negosiasi yang akan memperkuat tentara kami, memberi Ukraina lebih banyak dukungan internasional dan lebih banyak senjata," kata Presiden Volodymyr Zelensky dalam pidato malamnya tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Zelensky mengatakan minggu ini dia ingin pembicaraan tentang keanggotaan Ukraina di UE dimulai tahun ini, meningkatkan pemberantasan korupsi.

Seorang anggota parlemen senior yang dekat dengan Zelensky mengatakan Minggu (5/2) malam bahwa Reznikov (56), salah satu wajah paling terkenal dalam perang Ukraina, akan diganti.

"Kyrylo Budanov akan memimpin kementerian pertahanan, yang sangat logis di masa perang," kata anggota parlemen David Arakhamia, merujuk pada kepala intelijen militer berusia 37 tahun itu.

Memegang pangkat mayor jenderal, Budanov memimpin intelijen militer sejak Agustus 2020.

Perang Menentukan Kebijakan

Reznikov akan diangkat menjadi menteri industri strategis, kata Arakhamia.

"Perang menentukan kebijakan personel. Waktu dan keadaan membutuhkan penguatan dan pengelompokan kembali," tambahnya.

"Musuh bersiap untuk maju. Kami bersiap untuk mempertahankan diri."

Reznikov diangkat menjadi menteri pertahanan pada November 2021 dan telah membantu mengamankan senjata Barat untuk menopang pasukan Ukraina.Namun kedudukannya tercoreng oleh skandal korupsi.

Wakil Reznikov terpaksa mengundurkan diri pada akhir Januari setelah kementerian itu dituduh menandatangani kontrak pangan dengan harga dua sampai tiga kali lebih tinggi dari harga bahan makanan pokok saat ini.

Berbicara kepada wartawan Minggu pagi, Reznikov tidak mengatakan apakah dia berencana untuk tetap di kementerian, hanya Presiden Zelensky yang dapat menentukan nasibnya.

"Stres yang saya alami tahun ini sulit diukur dengan tepat. Saya tidak malu dengan apapun," kata Reznikov."Hati nurani saya benar-benar bersih."

Audit internal prosedur pengadaan sedang berlangsung di kementerian pertahanan, katanya.

Dia menambahkan bahwa departemen anti-korupsi kementerian sendiri telah "gagal" melakukan tugasnya dan perlu "sepenuhnya dimulai ulang".

Dengan korupsi menjadi perhatian utama Eropa, pemerintah Ukraina telah bekerja keras membersihkan korupsi, menargetkan seorang oligarki dengan koneksi politik, dan mantan menteri dalam negeri.

Topik Menarik