Lebih Dekat dengan Satwa Liar di Australia

Global | sindonews | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 08:00
Lebih Dekat dengan Satwa Liar di Australia

Melihat dari dekat satwa liar memberi sensasi tersendiri yang membuat perasaan lebih segar dan gembira. Mengamati perilakunya yang lucu, menggemaskan, kadang juga mendebarkan, akan jadi pengalaman baru yang akan membuka pemahaman-pemahaman baru tentang satwa dan alam bebas.

Bila Anda menyukai wisata di alam bebas, berjumpai dengan satwa liar, Australia merupakan pilihan destinasi yang tak mungkin dilewatkan. Wilayahnya yang luas dan fasilitas kesehatan yang baik, Anda akan tetap aman berwisata di alam terbuka Australia meski di musim pandemi. Karena Anda bisa dengan leluasa menerapkan physical distancing.

Oh iya perlu segera diberitahu bahwa satwa liar di Australia tentu saja bukan hanya kanguru. Kanguru hanya salah satu dari begitu banyak dan beragamnya satwa di negeri yang juga terkenal dengan kebun anggurnya.

Seperti ditulis di laman www.australia.com, Australia terkenal akan margasatwanya yang luar biasa. Di Australia, Anda akan mendapatkan banyak peluang untuk berinteraksi secara pribadi dari jarak dekat dengan hewan-hewan yang mengagumkan, seperti mengapung di samping hiu paus yang menawan, memeluk koala, atau melihat buaya di bantaran danau Billabong.

Margasatwa Australia sangat unik, dengan banyak spesies yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia. Selain kebun binatang dan taman margasatwa yang menyuguhkan kesempatan terbaik untuk melihat binatang dari jarak dekat, terdapat juga banyak tempat untuk melihat hewan-hewan Australia di habitat alaminya. Anda dapat mengamati Tasmanian Devil yang sedang bermain sambil bergelut, melihat kanguru bersantai di pantai, berfoto bersama quokka dan, jika Anda berani, berhadapan langsung dengan hiu putih besar.

Berikut ini hanyalah beberapa wisata margasatwa yang paling luar biasa di Australia. Anda bisa memulai dengan menyelam bersama raksasa samudra yang lembut: hiu paus dan paus bungkuk.

Pesisir pantai Australia memberikan sangat banyak kesempatan untuk melihat sejumlah spesies paus dalam migrasi tahunan mereka. Penonton di pesisir timur maupun pesisir barat memiliki kesempatan untuk menikmati pertunjukan paus mereka sendiri, dua kali satu tahun, saat mamalia ini melakukan perjalanan menuju dan kembali dari Antartika untuk apa yang dikenal sebagai 'makan siang terpanjang di dunia', yakni penyantapan segala jenis ikan, krill, dan plankton.

Pada akhir musim panas, mereka memulai perjalanan panjang ke utara menuju perairan yang lebih hangat untuk musim berkembang biak dan melahirkan, karena anak paus belum memiliki cukup banyak lapisan lemak pada diri mereka untuk bertahan dari suhu musim dingin. Antara bulan Mei dan November, Anda dapat mengamati paus balin yang melakukan perjalanan menuju perairan bersuhu sedang untuk berkembang biak di South Australia dan Victoria, sementara paus bungkuk yang penuh energi pergi ke utara menuju Great Barrier Reef dan Kimberley dan orca berkumpul di pesisir selatan Western Australia.

Mereka berada di sekitar Hobart pada Mei-Juli dan antara September-Desember; berada di sekitar Perth pada Juni-November; dan di sekitar Sydney akhir November. Dan di sekitar Adelaide sekitar Juni-September.

Apa itu paus minke kerdil? Anda bahkan bisa menyelam dengan paus minke kerdil di Great Barrier Reef, Queensland. Paus minke yang terkenal karena sangat ingin tahu ini suka menghabiskan waktu berjam-jam berenang dengan manusia, bahkan mereka membawa anak-anak mereka untuk diperkenalkan.

Seorang wisatawan mengamati paus

Selanjutnya melihat koala yang tertidur di pepohonan. Tampangnya lucu dan menggemaskan, hewan ini ternyata memiliki kebiasaan lebih menakjubkan: tidur di pepohonan. Great Ocean Road yang terdapat di Victoria merupakan salah satu jalan raya yang paling memukau di Australia. Jalan raya tersebut membentang di sepanjang pesisir barat daya negara bagian ini, menyusuri tebing, hutan, tikungan melingkar dan kota-kota tepi pantai. Di jalan raya ini Anda akan melewati kawanan koala abu-abu yang bersembunyi di ketinggian pucuk pohon. Tempat terbaik untuk menemukannya adalah di sepanjang Lighthouse Road, Cape Otway, yang menyimpang dari rute berpemandangan indah sekitar 20 kilometer (12 mil) dari kota Apollo Bay.

Tasmanian Devil

Sekarang mari ke Tasmanian Devil. Di sini ada Hotel Saffire Freycinet di Tasmania, salah satu hotel mewah terbaik di Australia, mengelola rumah peristirahatan untuk Tasmanian Devil. Anda dapat mengamati binatang yang terancam punah ini tengah menikmati pakan harian mereka di lahan seluas satu hektar yang menyerupai lingkungan alami mereka. Jika Anda mengunjungi Cradle Mountain, Devils @ Cradle adalah sebuah suaka lain yang letaknya berdekatan, di mana Anda dapat melihat dan mempelajari lebih banyak tentang binatang asli Australia yang unik ini?

Di pantai-pantai Australia Anda bisa menjumpai kanguru, hewan yang menjadi ikon negeri ini. Kanguru abu-abu timur di Pebbly Beach yang berada di Pesisir Selatan New South Wales, senang bersantai dan berjemur di bawah sinar matahari. Anda akan melihat mereka dalam jumlah banyak di rerumputan dan pasir. Sebagian besar dari mereka yang berada di tempat berselancar dan lintas alam yang populer, sekitar 270 kilometer di selatan Sydney, tidak keberatan berpose untuk difoto.

Di Western Australia, pergilah ke Lucky Bay (hanya 40 menit naik mobil dari Esperance) untuk melihat mereka bermalas-malasan di pasir yang putih, sementara di Queensland Anda dijamin akan melihat kanguru dan walabi di pantai di Cape Hillsborough, di dekat Mackay. Tapi bagaimana dengan hewan buas seperti buaya? Anda bisa melihat hewan-hewan ini dalam pelayaran sungai di dekat Darwin. Rasakan sensasi mendebarkan ketika pertama kali melihat punggung bergerigi pada buaya Northern Territory. Reptilia besar ini bergerak tanpa suara di dalam air, sehingga hanya menimbulkan sedikit riak ketika ia meluncur di bawah permukaan.

Kini giliran Anda mengapung di atas karang bersama penyu laut ketika Anda bersnorkel di taman karang Great Barrier Reef di Queensland. Anda bisa menjumpainya di lepas pantai berpasir Lady Elliot Island, sebuah pulau pasir di ujung selatan terumbu karang yang terdaftar sebagai Warisan Dunia.

Anda akan menemukan mereka di sepanjang jalur bersnorkel, di mana Anda dapat berenang sendiri menggunakan peta gratis, atau mengikuti safari snorkel dengan pemandu. Laguna di sisi timur pulau ini sangat kaya akan kehidupan laut. Jika Anda belum pernah bersnorkel sebelumnya, Anda dapat mengikuti salah satu les gratis di pulau ini.

Tentu saja masih banyak lagi satwa liar yang bisa dijumpai di Australia, ada wombat yang sangat mengagumkan. Satwa dengan tubuh yang kuat dan montok, berkaki pendek dan hidung kecil yang menonjol ini biasanya muncul saat senja di Wilsons Promontory National Park yang indah di Victoria. Selama berada di sini, Anda mungkin juga akan bertemu kanguru, burung emu, echidna dan burung rosella.

Quokka, nama satwa liar satu ini mungkin baru Anda dengar. Ia jenis mamalia berkantung yang paling lucu. Di Rottnest Island, di pesisir Perth, binatang ini berlompatan dengan gembira, lalu berhenti untuk mengamati pengunjung yang bersantai di pub, bermain golf atau bersepeda di pulau yang bebas dari mobil ini. Quokka bersahabat bahkan yang tinggal di kawasan permukiman senang berpose untuk swafoto.

Satwa Quokka

Satwa lain yang akan Anda jumpai adalah hiu putih besar. Wisata ini sesuai untuk mereka yang gemar petualangan. Di perairan dalam pesisir Port Lincoln, di ujung selatan Eyre Peninsula South Australia, perahu sewaan khusus akan berlayar menuju perairan yang dipenuhi oleh hiu, untuk wisata sehari penuh. Pada dasarnya, keselamatan adalah prioritas nomor satu, tetapi hal ini tidak mengurangi gejolak adrenalin.

Satwa liar yang disebutkan di atas hanya sebagian dari begitu banyak hewan lainnya, seperti penguin, singa laut, platypus, ikan pari manta, dingo liar, dan masih banyak lagi satwa liar yang lucu lagi menggemaskan.

Klik di https://www.australia.com/id-id untuk menjelajahi lebih banyak ide menarik untuk liburan di Australia.

Artikel Asli