Putin Kemudikan Mobil di Crimea yang Dianeksasi Rusia, Ukraina Kesal

Global | sindonews | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 01:05
Putin Kemudikan Mobil di Crimea yang Dianeksasi Rusia, Ukraina Kesal

CRIMEA - Presiden Vladimir Putin membuka bagian jalan Tavrida yang baru dibangun di Crimea, wilayah yang dianeksasi Rusia setelah melepaskan diri dari Ukraina beberapa tahun lalu. Orang nomor satu Kremlin itu jalan-jalan dengan mengendarai mobil pada hari Kamis.

Putin melakukan perjalanan bersama ahli teknis utama perusahaan konstruktor. Dalam salah satu komentarnya, Putin menyarankan agar jalan tersebut dilengkapi dengan lebih banyak belokan bagi mereka yang datang ke pantai.

Pembangunan jalan Tavrida, yang menghubungkan kota-kota utama Crimea, diluncurkan pada tahun 2017 dan panjang totalnya diperkirakan sedikit di atas 250 km. (Baca: Putin Resmikan Jembatan KA Crimea-Rusia, Ukraina dan Eropa Kesal)

Sejak awal wabah virus corona baru pada Maret, Vladimir Putin bekerja di Kremlin atau Novo-Ogaryovo, dan jarang meninggalkan Moskow. Pada bulan Juli dia memperlihatkan tugu peringatan Perang Dunia II di dekat kota Rzhev, sekitar 200 km dari Ibu Kota Rusia, dan mengunjungi pelabuhan Kerch di Crimea.

Moskow menganeksasi Crimea dari Ukraina pada 2014. Tindakan itu memicu sanksi dan membuat hubungan dengan Barat jatuh ke posisi terendah pasca-Perang Dingin.

Rusia telah menghabiskan banyak uang untuk mengintegrasikan Crimea ke dalam wilayahnya, dan itu telah menjadi fokus spionase dan ketegangan militer sejak aneksasinya. (Baca: Putin Konvoi dengan Geng Motor di Crimea, Ukraina Protes)

Pemerintah Kiev kesal dengan kunjungan Putin. Kementerian Luar Negeri Ukraina, seperti dikutip Reuters, Jumat (28/8/2020), mengatakan kunjungan Putin ke Crimea adalah tindakan pelanggaran kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina.

Artikel Asli