Balon Diduga Mata-Mata China Masuk Wilayah Amerika

Balon Diduga Mata-Mata China Masuk Wilayah Amerika

Global | telisik.id | Jum'at, 3 Februari 2023 - 14:37
share

NEW YORK, TELISIK.ID - Sebuah balon diduga mata-mata berasal dari China masuk di wilayah Amerika Serikat (AS). Departemen Pertahanan AS atau Pentagon telah melacak balon itu beberapa hari.

Melansir dari Detik.com, Pentagon telah melacak balon tersebut saat melintasi Amerika Serikat bagian utara.

"Kami yakin bahwa balon pengintai ketinggian tinggi ini milik China. Contoh aktivitas ini telah diamati selama beberapa tahun terakhir, termasuk sebelum pemerintahan ini," kata Juru Bicara Pentagon, Jenderal Patrick Ryder.

Balon mata-matatersebut dilaporkan terlihat di atas Billings, Montana, pada Rabu (1/2/2023) lalu. Balon itu terbang dari Kepulauan Aleutian, melalui Kanada, dan ke Montana. Pada Rabu, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dilaporkan menggelar pertemuan dengan para pemimpin militer dan pertahanan senior.

Pejabatsenior militer Amerika Serikat sempat mempertimbangkan untuk menembak jatuh balon mata-mata di atas Montana, yang juga pangkalan angkatan udara dan basis dari tiga rudal nuklir. Namun, tidak jadi dilakukan karena risiko terhadap keselamatan dan keamanan orang-orang di darat seperti dikutip dari Liputan6.com.

Amerika Serikat sudahmengambil langkah-langkah untuk memastikan balon tersebut tidak mengumpulkan informasi yang sifatnyasensitif. Keberadaan balon mata-mata ini juga terjadi beberapa hari sebelum Menteri Luar Negeri Antony Blinken berencana melakukan kunjungan ke China.

Belum diketahui jelas apakah balon mata-mata milik China ini akan memengaruhi perjalanannya ke China, yang masih menunggu pengumuman resminya dariDepartemen Luar Negeri. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Topik Menarik