Sekjen PBB: Uji Coba Nuklir Korut Ancam Perdamaian Dunia

Sekjen PBB: Uji Coba Nuklir Korut Ancam Perdamaian Dunia

Global | koran-jakarta.com | Jum'at, 3 Februari 2023 - 13:49
share

NEW YORK - Saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan (Korsel), Park Jin, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengatakan bahwa uji coba nuklir Korea Utara (Korut) membahayakan perdamaian dunia.

Setelah pertemuan dengan Sekjen PBB pada Rabu (1/2) waktu setempat, Menlu Park mengatakan kepada para wartawan di Markas Besar PBB di New York, AS, bahwa Sekjen PBB mendukung upaya pemerintah Korsel untuk mencapai perdamaian berkelanjutan di Semenanjung Korea.

Dilanjutkannya, Sekjen Guterres mengkhawatirkan provokasi tambahan Korut yang dikatakannya merusak perdamaian di Semenanjung Korea dan dunia, serta pihaknya telah menyampaikan kecemasan tersebut kepada Pyongyang.

Dalam pertemuan itu, Menlu Park berjanji bahwa Korsel sebagai anggota masyarakat internasional yang bertanggung jawab akan berperan menjaga dan memperluas kebebasan warga dunia, serta bersama PBB menjalankan tanggung jawab untuk perdamaian dan kesejahteraan dunia.

Menlu Park sekali lagi mengingatkan bahwa Korsel menaruh perhatian khusus untuk kerja sama di sektor digital seperti yang sempat ditekankan oleh Presiden Yoon Suk-yeol dalam pidatonya di Majelis Umum PBB pada tahun lalu, kemudian memperkenalkan strategi Indo-Pasifik yang merupakan strategi regional Korsel yang pertama.

Sebelumnya, Menlu Park juga bertukar pendapat dengan para duta besar dari negara-negara anggota Dewan Keamanan PBB. Pada kesempatan itu, Menlu Park menerangkan gagasan Pemerintahan Yoon Suk-yeol tentang Tulang Punggung Global (GPS) dan menegaskan tekad untuk berkontribusi pada perdamaian, kebebasan, dan kesejahteraan dunia.

Menlu Park pun meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengambil langkah balasan yang kuat terhadap pelanggaran berulang Korut terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB yang dilakukan melalui ancaman misil dan nuklir.

Diserukannya agar para negara anggota negara Dewan Keamanan serta anggota PBB menaati resolusi terhadap Korut untuk mendorong Korut kembali berpartisipasi dalam negosiasi denuklirisasi.

"Para duta besar untuk Dewan Keamanan PBB yang menghadiri pertemuan dengan Menlu Park sepaham bahwa provokasi Korut merupakan ancaman serius bagi dunia dan bertukar pendapat tantang arah penanganan Dewan Keamanan," lapor kantor berita KBS pada Kamis (2/2).

Menlu Park juga menyampaikan keinginan Korsel untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB pada periode 2024-2025, berjanji memainkan peran konstruktif dalam menjalankan misi, dan meminta dukungan dari negara-negara anggota Dewan Keamanan. KBS/I-1

Topik Menarik