Ditemukan Artefak dan Dua Makam Kuno di Pekuburan Firaun Mesir

Ditemukan Artefak dan Dua Makam Kuno di Pekuburan Firaun Mesir

Global | gatra.com | Jum'at, 27 Januari 2023 - 17:21
share

Kairo, Gatra.com - Arkeolog paling terkenal di Mesir telah mengumumkan puluhan penemuan baru, termasuk dua makam kuno, di pekuburan Firaun di luar Kairo.

Mantan menteri pemerintah dan direktur penggalian, Zahi Hawass mengatakan penemuan di Saqqara, dekat dengan piramida Giza, berasal dari Dinasti Kelima dan Keenam Kerajaan Lama, yang berlangsung sekitar 2.500-2.100 SM.

Pekerjaan penggalian misi bersama dengan Dewan Tertinggi Purbakala Mesir menemukan makam yang berasal dari era Kerajaan Lama, yang menunjukkan adanya kuburan besar dengan banyak makam penting, katanya, dikutip Arabnews, Kamis (26/1).

Baca Juga: Firaun Mesir Tewas di Medan Perang dengan Tangan Terikat

Yang pertama adalah makam Khnumdjedef, pengawas para bangsawan dan pendeta di kompleks piramida Unas, raja terakhir dari Dinasti Kelima. Makam itu penuh warna dan berisi pemandangan kehidupan sehari-hari.

Yang kedua adalah untuk Messi, yang dikenal sebagai Penjaga Rahasia dan asisten komandan istana agung, kata Hawass.

Tim juga menemukan sejumlah patung batu kapur berwarna yang mewakili pelayan yang diyakini dimiliki oleh Messi.

Baca Juga: Mesir Buka Sarkofagus Berusia 3.200 Tahun Lalu, Sekretaris Kerajaan Era Firaun

Mereka juga menemukan peti mati batu kapur milik seorang pria bernama Haka Shabis, di ruang tersembunyi di dasar sumur 15 meter.

Menjadi jelas bahwa peti mati ini tidak pernah disentuh selama sekitar 4.300 tahun. Ketika kami membuka tutupnya, kami menemukan mumi seorang pria yang dilapisi kertas emas. Ini dianggap sebagai mumi non-kerajaan terlengkap dan tertua yang ditemukan sejauh ini, katanya.

Ada juga beberapa patung yang mewakili hakim dan penulis Fatak, terletak di sebelah meja persembahan dan peti mati berisi jenazahnya yang sudah menjadi mumi.

Sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Purbakala Mesir, Dr. Mostafa Waziri mengatakan bahwa meskipun banyak patung telah digali di wilayah Saqqara selama abad yang lalu, sangat sedikit yang sebesar penemuan terbaru.

Baca Juga: Ini Dia Wajah Firaun Ramses II Ayah Angkat Nabi Musa AS

Penemuan saat ini juga mencakup banyak jimat, alat kosmetik, patung idola Ptah Soker, patung dewa, serta tembikar dan bejana nazar, katanya.

Hawass mengatakan wilayah arkeologi Saqqara masih menyimpan banyak rahasia yang menunggu untuk ditemukan.

Topik Menarik