Maduro Siap Normalisasi Hubungan dengan AS

Maduro Siap Normalisasi Hubungan dengan AS

Global | koran-jakarta.com | Rabu, 4 Januari 2023 - 05:31
share

CARACAS - Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, mengatakan bahwa ia bersedia bekerja sama untuk menormalisasi hubungan dengan Amerika Serikat (AS), meski sanksi dari AS terus melumpuhkan negaranya.

"Venezuela siap, benar-benar siap, untuk mengambil langkah menuju proses normalisasi hubungan diplomatik, konsuler, dan politik dengan pemerintahan AS saat ini dan dengan pemerintahan yang akan datang," kata Presiden Maduro pada Minggu (1/1) dalam sebuah sesi wawancara yang disiarkan di televisi negara.

Presiden Maduro memutuskan hubungan dengan Washington DC pada 2019, ketika pemerintahan Presiden Donald Trump saat itu mengakui Guaido sebagai presiden sementara Venezuela.

AS meluncurkan serangkaian sanksi terhadap Venezuela, termasuk embargo minyak, untuk memaksa Maduro lengser.

Pada Jumat (30/12) pekan lalu, kubu oposisi Venezuela memilih untuk membubarkan pemerintah sementara yang dipimpin oleh Juan Guaido, yang menyatakan dirinya sebagai presiden sementara pada 2019 untuk menggulingkan Presiden Maduro yang terpilih kembali dan mendapat dukungan dari banyak negara Amerika Latin dan Barat, terutama Amerika Serikat. Anadolu/I-1

Topik Menarik