Jepang Pantau Kapal Induk Tiongkok

Jepang Pantau Kapal Induk Tiongkok

Global | koran-jakarta.com | Rabu, 4 Januari 2023 - 05:23
share

TOKYO - Jepang pada Senin (2/1) mengatakan pihaknya mengirim jet tempur dan mengirim pesawat dan kapal perang selama dua pekan terakhir untuk mengawasi operasi kapal induk Tiongkok, Liaoning, dan lima kapal perang yang melakukan manuver angkatan laut dan operasi penerbangan di Pasifik.

"Jepang memantau operasi mereka setelah armada Angkatan Laut Tiongkok, termasuk kapal perusak pembawa misil, berlayar antara pulau utama Okinawa dan Pulau Miyakojima ke Pasifik Barat dari Laut Tiongkok Timur pada 16 Desember lalu," kata Kementerian Pertahanan Jepang dalam siaran pers.

Sebelum kembali dengan cara yang sama pada Minggu (1/1), kapal induk Tiongkok itu telah melakukan lebih dari 300 lepas landas dan pendaratan pesawat sayap tetap dan helikopter, tambah kementerian itu seraya menambahkan tidak ada laporan adanya serangan ke perairan atau langit teritorial Jepang.

Sementara Tiongkok telah melakukan operasi serupa di masa lalu, termasuk sekali di bulan Mei lalu. Kali ini kapal induk Liaoning diterjunkan dalam latihan militer skala besar terbaru di dekat pulau-pulau Jepang dan latihan itu digelar setelah Jepang mengumumkan akan menggandakan anggaran belanja pertahanannya selama lima tahun ke depan dalam upaya untuk menandingi kekuatan militer Tiongkok serta mencegah Beijing menggunakan militer untuk mengajukan klaim teritorial di wilayah tersebut, termasuk terhadap negara tetangga Taiwan.

Selain itu Tiongkok mengerahkan kapal induk Liaoning beserta kapal-kapal pengawalnya setelah Jepang mengumumkan strategi keamanan barunya yang menyebut Tiongkok sebagai tantangan strategis.

Sebelumnya, Jepang juga melaporkan bahwa pihaknya telah mendeteksi penerbangan drone pengintai WZ-7 milik Tiongkok di dekat wilayah udara Miyakojima pada Minggu dan pada Senin. ST/JapanToday/I-1

Topik Menarik