Bertemu Xi Jinping, Rashad Mohammed Al-Alimi Sebut Tiongkok Sahabat Yaman

Bertemu Xi Jinping, Rashad Mohammed Al-Alimi Sebut Tiongkok Sahabat Yaman

Global | koran-jakarta.com | Sabtu, 10 Desember 2022 - 09:48
share

RIYADH - Presiden Tiongkok Xi Jinping bertemu Kepala Dewan Kepemimpinan Presidensial (PLC) Yaman Rashad Mohammed Al-Alimi di Riyadh, Arab Saudi, Jumat (9/12).

Dalam pertemuan tersebut, Xi menyampaikan dukungan Tiongkok terhadap Yaman dalam menjaga kedaulatan, kemerdekaan, persatuan, dan integritas wilayahnya, serta mendukung semua pihak di Yaman untuk menyelesaikan masalah melalui solusi politik.

Tiongkok juga bersedia memberikan bantuan dalam kapasitasnya guna rekonstruksi Yaman serta mempromosikan konsolidasi dan pendalaman hubungan persahabatan tradisional antara kedua negara tersebut.

Xi menambahkan Tiongkok juga bersedia berkolaborasi dengan Yaman untuk memperdalam kerja sama kolektif antara Tiongkok dan Arab serta menciptakan prospek baru untuk pengembangan hubungan Tiongkok-Arab.

Sementara itu,Alimi mengatakan Yaman memiliki sejarah panjang pertukaran bersahabat dengan Tiongkok. Selama bertahun-tahun, Tiongkok telah membantu dan mendukung Yaman. Masyarakat Yaman juga akan menganggap masyarakat Tiongkok sebagai sahabatnya, tambah Alimi.

Alimi mengucapkan terima kasih kepada Tiongkok karena telah bersuara untuk Yaman di panggung internasional dan berharap dapat memperkuat pertukaran dan kerja sama persahabatan dengan Tiongkok.

Turut mendampingi Xi Jinping dalam pertemuan tersebut ialah sejumlah pejabat Tiongkok, di antaranya Ding Xuexiang, Wang Yi, dan He Lifeng.

Topik Menarik