Perkuat Hubungan, Xi Jinping Melawat ke Arab Saudi

Perkuat Hubungan, Xi Jinping Melawat ke Arab Saudi

Global | koran-jakarta.com | Jum'at, 9 Desember 2022 - 04:39
share

RIYADH - Pemimpin Tiongkok, Xi Jinping, pada Rabu (7/12) tiba di Arab Saudi untuk menghadiri pertemuan dengan para pemimpin negara-negara Teluk Arab yang kaya minyak dan penting bagi pasokan energi negaranya, ketika Tiongkokmencoba menghidupkan kembali ekonomi yang terpukul oleh langkah-langkah ketat virus korona.

Terkait kunjungan Presiden Xi, beberapa negara Teluk Arab berupaya mengkalibrasi ulang kebijakan luar negeri mereka saat Amerika Serikat (AS) mengalihkan perhatiannya ke negara lain di dunia.

Perang Russia di Ukraina dan sikap keras Barat terhadap Russia juga membuat negara-negara Arab ingin mempererat hubungan dengan Tiongkok.

Selama kunjungan itu, Xi diperkirakan akan menghadiri KTT Tiongkok-Arab perdana dan pertemuan Dewan Kerja Sama Teluk yang mencakup Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Juru bicara Kementrian Luar Negeri Tiongkok, Mao Ning, dalam sebuah konferensi pers pada Rabu mengatakan lawatan ini merupakan acara diplomatik terbesar dan tingkat tertinggi antara Tiongkokdan dunia Arab sejak berdirinya Republik Rakyat Tiongkok dan akan menjadi tonggak penting dalam sejarah hubungan Tiongkok-Arab.

Soal apakah pertemuan itu akan mencapai sasarannya, Xi tahu persis ia membutuhkan pasokan minyak mentah Arab Saudi.

Saat ini Tiongkok adalah importir minyak mentah terbesar di dunia dan sangat bergantung pada minyak dari Arab Saudi. Tiongkok membayar puluhan miliar dollar setiap tahun pada negara kerajaan itu.

Xi berencana bertemu dengan Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman dalam kunjungannya kali ini.

Di luar pembelian minyak, kepakaran dalam bidang konstruksi juga dapat dimanfaatkan dalam rencana pembangunan kota futuristik Neom di Laut Merah yang digagas Pangeran Mohammed. Rencana pembangunan kota itu bernilai 500 miliar dollar AS. Perusahaan-perusahaan Tiongkok telah bekerja di banyak negara Arab lain di Teluk Persia, antara lain di Dubai dan Uni Emirat Arab. VoA/I-1

Topik Menarik