Loading...
Loading…
Surat Pribadi Diungkap, Kim Jong Un Sebut Hubungannya dengan Trump seperti Film Fantasi

Surat Pribadi Diungkap, Kim Jong Un Sebut Hubungannya dengan Trump seperti Film Fantasi

Global | inewsid | Kamis, 13 Agustus 2020 - 14:17

SEOUL, iNews.id - Surat pribadi pemimpin Korea Utara Kim Jong Un untuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan sebaliknya akan dirilis dalam sebuah buku berjudul \'Rage\'.

Penulisnya merupakan jurnalis investigasi The Washington Post Bob Woodward yang mendapat surat tersebut secara rahasia dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Nama Woodward juga melambung terkait laporannya soal skandal Watergate.

Ada 25 surat yang saling dikirim keduanya setelah hubungan AS-Korut membaik, ditandai dengan pertemuan pertama Kim dan Trump di Singapura pada Juni 2018.

Berdasarkan keterangan dari penerbit buku, Simon & Schuster, dalam satu surat Kim menyebut hubungannya dengan Trump seperti film fantasi.

"Kim menggambarkan ikatan antara kedua pemimpin sebagai \'film fantasi\', saat kedua pemimpin terlibat dalam minuet diplomatik yang luar biasa," bunyi keterangan penerbit di akun Amazon, seperti dilaporkan kembali AFP, Kamis (13/8/2020).

Buku kelanjutan dari \'Fear\' yang terbit pada 2018 itu dirilis pada 15 September mendatang. Mengomentari buku \'Fear\' yang berisi gambaran Gedung Putih di masa itu, Trump menyebut isinya hanya lelucon. Beberapa klaim yang dibuat Woodward dianggap Trump tak benar. Namun kini hubungan Trump dengan Woodward sudah baik, bahkan mereka dilaporkan membuat proyek berikutnya.

Trump dan Kim bertemu tiga kali, dimulai di Singapura pada Juni 2018, lalu disusul pada Februari 2019 di Hanoi, Vietnam, dan perbatasan Korut-Korea Selatan, beberapa bulan kemudian.

Namun tujuan dari pertemuan tersebut belum membuahkan hasil, yakni denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Beberapa bulan setelah pertemuan di Singapura, Trump memberi tahu bahwa dia dan Kim pria sudah jatuh cinta.

"Sungguh, dia menulis surat yang indah untuk saya, itu surat yang bagus. Kami jatuh cinta," katanya, saat itu.

Meski hubungan kedua negara panas-dingin, Trump menyebut hubungan pribadinya dengan Kim tetap baik. Bahkan dia sering membanggakan diri mendapat surat-surat yang indah dan luar biasa dari Kim.

Original Source

Topik Menarik