Muncul Bersama Putrinya, Kim Jong Un Bersumpah Korut Miliki Nuklir Paling Kuat di Dunia

Muncul Bersama Putrinya, Kim Jong Un Bersumpah Korut Miliki Nuklir Paling Kuat di Dunia

Global | koran-jakarta.com | Minggu, 27 November 2022 - 11:10
share

SEOUL -Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan negaranya bertujuan memiliki kekuatan nuklir paling kuat di dunia saat merayakan peluncuran rudal balistik antarbenua terbaru dalam sebuah upacara dengan putrinya yang masih kecil, lapor media pemerintah, Minggu (27/11).

Kim juga memberikan promosi kepada lebih dari 100 pejabat dan ilmuwan untuk pekerjaan mereka di Hwasong-17 yang dijuluki "rudal monster" oleh para analis dan diyakini mampu mencapai daratan AS, beberapa hari setelah Pyongyang melakukan uji coba.

Kim menyebut ICBM baru sebagai "senjata strategis terkuat di dunia". Kim mengatakan para ilmuwan Korea Utara telah membuat "lompatan maju yang luar biasa dalam pengembangan teknologi pemasangan hulu ledak nuklir pada rudal balistik," lapor Kantor Berita Pusat Korea Utara ( KCNA ).

Membangun kekuatan nuklir untuk melindungi martabat dan kedaulatan negara dan rakyat "adalah tujuan revolusioner terbesar dan terpenting. Tujuan utamanya adalah untuk memiliki kekuatan strategis paling kuat di dunia, kekuatan absolut yang belum pernah terjadi sebelumnya di abad ini," kata Kim dikutip saat mempromosikan para pejabat.

Para pejabat dan ilmuwan terkemuka telah menunjukkan kepada dunia "tujuan Pyongyang membangun tentara terkuat di dunia", tambahnya.

Kendaraan peluncuran ICBM Hwasong-17 yang baru dianugerahi gelar "Pahlawan DPRK", kata laporan terpisah KCNA . DPRK akronim untuk nama resmi Korut.

Ini "jelas terbukti di hadapan dunia bahwa DPRK adalah kekuatan nuklir penuh," kata laporan itu. Korea Utara "sepenuhnya menunjukkan kekuatannya sebagai negara ICBM paling kuat".

Dewan Keamanan PBB telah mengeluarkan hampir selusin resolusi yang menjatuhkan sanksi terhadap Korea Utara atas aktivitas nuklir dan misilnya sejak 2006.

\'Meningkatkan Penangkal Nuklir\'

Saat sesi foto dengan para pejabat dan ilmuwan, Sabtu, Kim menyerukan peningkatan kemampuan pertahanan tanpa batas," kata KCNA dalam laporan lain.

Kim mendesak para ilmuwan dan pekerja untuk "memperluas dan memperkuat pencegah perang nuklir negara dengan kecepatan yang sangat cepat".

Surat kabar resmi Rodong Sinmun memuat lebih dari selusin foto Kim pada sesi foto dengan "putri tercinta" yang terungkap untuk pertama kalinya pada peluncuran ICBM minggu lalu.

Sampai saat itu, media pemerintah Korea Utara tidak pernah menyebut anak-anak Kim. Dan laporan minggu lalu adalah konfirmasi resmi pertama bahwa dia memiliki seorang putri, kata para ahli.

Foto-foto itu menunjukkan gadis itu - diyakini sebagai anak kedua Kim bernama Ju Ae - mengenakan mantel kerah bulu hitam, bergandengan tangan dengan ayahnya saat mereka berpose di depan misil raksasa yang dikelilingi oleh tentara berseragam.

Tes ICBM 18 November adalah yang terbaru dalam peluncuran rudal yang memecahkan rekor. Para pejabat dan analis di Seoul dan Washington memperingatkan bahwa peluncuran dapat memuncak dalam uji coba nuklir ketujuh oleh Korea Utara. UJi coba terakhir pada 2017.

Topik Menarik