Loading...
Loading…
Bertemu Xi Jinping di Bali, Joe Biden akan Tetapkan `Pagar Pembatas` antara AS-Tiongkok

Bertemu Xi Jinping di Bali, Joe Biden akan Tetapkan `Pagar Pembatas` antara AS-Tiongkok

Global | koran-jakarta.com | Senin, 14 November 2022 - 14:12

NUSA DUA - Presiden AS Joe Biden bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Bali pada Senin 14 November untuk menetapkan "pagar pembatas" bagi hubungan antarnegara, ketika 20 ekonomi terbesar dunia mengadakan pertemuan besar pasca-pandemi pertama mereka.

Dalam tiga tahun terakhir, persaingan antara Tiongkok dan Amerika Serikat telah meningkat tajam karena Beijing menjadi lebih kuat dan lebih tegas untuk menggantikan tatanan pimpinan AS yang telah berlaku sejak Perang Dunia II.

Pembicaraan hari Senin menjelang KTT G20 itu dalam suasana pertemuan yang dingin seperti Perang Dingin saat pertemuan antara pemimpin Amerika dan Soviet di Potsdam, Wina atau Yalta untuk menentukan nasib jutaan orang.

Biden telah berbicara tentang pertemuan yang akan menetapkan "garis merah" masing-masing negara .

Tujuan utamanya adalah menetapkan "pagar" dan "aturan jalan yang jelas", kata seorang pejabat senior Gedung Putih kepada wartawan beberapa jam sebelum pertemuan.

"Kami melakukan semua itu untuk memastikan bahwa persaingan tidak mengarah ke konflik."

Biden diperkirakan akan mendorong Tiongkok untuk mengendalikan sekutunya Korea Utara setelah serentetan uji coba rudal yang menimbulkan kekhawatiran. Pyongyang akan segera melakukan uji coba nuklir ketujuh.

Xi mungkin sedang tidak ingin membantu. Dia hadir ke pertemuan setelah mengamankan masa jabatan ketiga yang mengukuhkannya sebagai pemimpin Tiongkok paling kuat selama beberapa generasi.

Sementara Biden juga datang dengan didorong kabar bahwa partai Demokrat mempertahankan kendali atas Senat AS setelah tampil lebih baik dari yang diharapkan pada pemilihan paruh waktu, meskipun ia tetap rentan dalam politik dalam negeri.

Original Source

Topik Menarik