Peneliti Tiongkok Kembangkan Metode Rapid Test untuk Virus Cacar Monyet

Peneliti Tiongkok Kembangkan Metode Rapid Test untuk Virus Cacar Monyet

Global | koran-jakarta.com | Senin, 31 Oktober 2022 - 14:36
share

JAKARTA - Tim peneliti Tiongkok baru-baru ini mengembangkan metode tes rapid untuk virus cacar monyet (MPXV) yang dapat memberikan hasil dalam 20-30 menit, secara signifikan lebih cepat dari metode PCR ( polymerase chain reaction) tradisional kuantitatif yang real-time .

Menurut laporan Xinhua yang dikutip CGTN , Minggu (30/10), tes PCR kuantitatif real-time saat ini menjadi standar utama bagi diagnosis MPXV, tetapi membutuhkan personel laboratorium terlatih serta peralatan khusus. Dan hasilnya hanya dapat diperoleh setelah beberapa jam.

Para peneliti dari Institut Pasteur Shanghai di bawah Akademi Sains Tiongkok mengembangkan tiga pengujian kadar logam amplifikasi isothermal berbasis rekombinasi untuk mendeteksi cepat MPXV. Para peneliti menemukan bahwa hasil uji tersebut konsisten dengan PCR tradisional real-time .

Metode uji baru tersebut hanya reaktif terhadap MPXV dan non-silang reaktif terhadap virus cacar lain seperti virus Vaccinia, menurut hasil temuan yang dipublikasikan di jurnal Viruses .

Temuan-temuan ini memberikan sebuah pilihan baru bagi diagnosis awal kasus-kasus MPXV potensial, dan akan membantu mengendalikan serta mencegah wabah saat ini atau yang berpotensi terjadi di masa datang, menurut studi tersebut.

Topik Menarik