Loading...
Loading…
Deretan Negara Paling Tak Berguna di Dunia, Nomor 6 Hanya Dihuni Seorang Diri

Deretan Negara Paling Tak Berguna di Dunia, Nomor 6 Hanya Dihuni Seorang Diri

Global | telisik.id | Kamis, 06 Oktober 2022 - 17:40

KENDARI, TELISIK. ID - Negaraadalah organisasi kekuasaan yang berdaulat dengan tata pemerintahan yang melaksanakan tata tertib atas orang-orang di daerah tertentu.

Namun, apa jadinya bila sebuah negara tak memiliki warga negara serta pemimpin ataupun seorang presiden dan aparat di dalamnya?

Berikut ini beberapa negara paling tidak berguna di dunia di lansir dari berbagai sumber, antara lain:

1. Sealand

Kepangerangan Sealand adalah sebuah negara pengakuan terbatasyang terletak di tengah-tengahPantai Suffolk,Inggris. Sejak tahun 1967, wilayah ini ditempati oleh seorang mantan Mayor InggrisPaddy Roy Bates.

Akan tetapi sejak 2012, kepemimpinan Sealand digantikan oleh anaknya yaitu Michael Bates. Keluarganya mengklaim tempat ini sebagai negara berdaulat yangindependen.

Dikutip dari okezone.com, sejarah tentang Kerajaan Sealand, pada 1943, sebelum menjadi negara, Sealand dibangun di Laut Utara untuk melayani sebagai stasiun pertahanan yang dioperasikan oleh Angkatan Darat Inggris jika terjadi pengeboman atau invasi Jerman. Setelah perang, benteng besar di tengah laut berubah menjadi relik yang tidak diinginkan.

Salah satu benteng tersebut yang dinamai Roughs Tower, menjadi tempat yang menarik bagi berbagai penyiar radio bajak laut, termasuk Bates. Roy Bates lalu berpikir bahwa area tersebut bisa dijadikan sebuah negara. Begitu ia menyadari potensi area tersebut, Bates mengambil langkah lebih jauh.

Pada 2 September 1967, dia memproklamirkan Kerajaan Sealand, dengan dirinya sebagai Pangeran. Istrinya, Joan Bates, adalah Putri Sealand, sementara anaknya, Michael, menjadi pewaris sah negara. Radio Essex, di sisi lain, tidak pernah memulai siarannya.

Proklamasi tersebut mendorong keputusan pemerintah Inggris untuk menghancurkan semua Benteng yang tersisa agar situasi serupa tidak terjadi. Kerajaan Sealand terhindar dari penggusuran oleh Inggris, namun pertengkaran internal mulai mengganggu.

2. Kepulauan Pitcairn

Pitcairn Islands adalah sebuah negara di bawah jajahan British yang terdiri dari kumpulan empat buah pulau gunung berapi yang terletak di bahagian selatan Lautan Pasifik.

Empat empat buah pulau ini diberi nama Pitcarn, Henderson, Ducie dan Oeno. Hanya pulau Pitcairn sahaja yang berpenghuni. Pada tahun 2011, penduduknya adalah dianggarkan seramai 67 orang saja.

Melansir wikipedia.com, pulau ini berasal dari gunung berapi, dengan garis pantai tebing yang terjal. Tidak seperti banyak pulau Pasifik Selatan lainnya, pulau ini tidak dikelilingi oleh terumbu karang yang melindungi pantai. Satu-satunya akses ke pulau ini adalah melalui dermaga kecil di Bounty Bay. Adamstown adalah satu-satunya pemukiman.

3. Kiribati

Kiribati merdeka dari Britania Raya pada tahun 1979. Ibukotanya adalah Tarawa Selatan, yang sekarang merupakan daerah berpenduduk terpadat, terdiri dari sejumlah pulau-pulau kecil.

Kiribati adalah anggota Komunitas Pasifik Selatan (SPC), Negara-Negara Persemakmuran, IMF, dan Bank Dunia, dan menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1999.

Populasi permanen lebih dari 119 ribuan orang (2020), lebih dari setengahnya tinggal di atol Tarawa. Negara bagian ini terdiri dari 32 atol dan satu pulau karang terpencil, Banaba. Ada total luas daratan 811 kilometer persegi (313 mil persegi) tersebar di 3,5 juta kilometer persegi (1,4 juta mil persegi) lautan.

4. Tuvalu

Mengutip dari kompas.com, Tuvalu memiliki luas hanya 26 kilometer. Penduduknya hanya 10 ribuan orang. Negara yang sebelumnya bernama Ellice Islands ini, berlokasi di kepulauan Samudera Pasifik.

Tuvalu adalah negara anggota Commonwealth, yang berbentuk monarki parlementer, sehingga Inggris yang bertanggung jawab menjaga kedaulatannya. Negara inj juga tak memiliki tentara atau kekuatan militer.

5. Tristan da Cunha

Tristan da Cunha adalah sekelompok kepulauan gunung berapi terpencil di sebelah selatan Samudra Atlantik. Kepulauan ini juga merupakan kepulauan berpenghuni paling terpencil di dunia, dikarenakan wilayah berpenghuni terdekat lainnya terletak sejauh 2.187 km, 2.437 km, dan 4.002 km.

6. Kerajaan Dixit

Melansir Bisnis.com, Seorang pria di India mengklaim telah mendirikan negara sendiri setelah melakukan perjalanan ke sebuah tanah kosong tak bertuan di antara Mesir dan Sudan.

Pria bernama Suyash Dixit itu lantas mendirikan \'Kerajaan Dixit\' di tanah yang tidak diklaim siapapun di daerah Bir Tawil, sebuah tanah seluas 800 mil persegi di selatan perbatasan Mesir. Bir Tawil, yang berarti \'sumur yang dalam\' dalam bahasa Arab, terletak di sebelah selatan perbatasan antara Mesir dan Sudan, namun kedua negara tidak mengklaimnya.

Dixit dengan enteng mengklaim tanah kosong di Afrika Utara itu miliknya melalui laman Facebook pribadinya. Selain itu, dia menawarkan investasi asing ke negara yang telah diklaimnya tersebut. Negara tersebut bahkan tak memenuhi unsur-unsur kenegaraan seperti unsur deklaratif dan unsur konstitutif. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Original Source

Topik Menarik