Loading...
Loading…
Ukraina Ungkap Rugi Rp542,3 Triliun Akibat Kerusakan Lingkungan Dampak Invasi Rusia

Ukraina Ungkap Rugi Rp542,3 Triliun Akibat Kerusakan Lingkungan Dampak Invasi Rusia

Global | koran-jakarta.com | Selasa, 04 Oktober 2022 - 09:27

Ukraina mengklaim merugi hingga 35,3 miliar dolar AS atau sekitar Rp542,3 triliun (Kurs Rp15.270 per dolar AS) akibat kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dari invasi Rusia ke wilayah mereka.

Kantor berita Reuters , pada Selasa (4/10) menuturkan Kementerian Lingkungan Ukraina menyatakan klaim kerugian itu didasarkan pada 2.000 kasus kerusakan lingkungan yang mereka catat sejak invasi Rusia dimulai pada akhir Februari lalu.

Dari 2.000 kasus itu, Kementerian Lingkungan Ukraina mencatat kerugian paling besar diakibatkan polusi udara dampak perang di Ukraina, dengan kerugian ditaksir tembus 25 miliar euro.

Selain itu, Kementerian Lingkungan Ukraina juga membukukan kerugian 11,4 miliar euro sebagai upaya mengatasi kerusakan tanah akibat perang. Lebih parahnya, seperlima dari kawasan lindung di Ukraina dikabarkan berada dalam risiko kehancuran.

Sementara itu, apabila dihitung menggunakan metodologi baru yang dikembangkan oleh pemerintah Ukraina untuk menghitung kerusakan, Strilets menyatakan perang yang telah berlangsung selama tujuh bulan itu telah menyebabkan 31 juta ton emisi karbon dioksida atau CO2. Jumlah itu bahkan setara dengan jumlah emisi yang dihasilkan oleh Selandia Baru setiap tahunnya.

Kementerian Lingkungan Ukraina juga mengatakan rekonstruksi infrastruktur dan bangunan yang hancur selama perang akan menghasilkan tambahan 79 juta ton emisi rumah kaca.

Original Source