Australia Akan Selamatkan Keluarga Pejuang ISIS dari Suriah

Australia Akan Selamatkan Keluarga Pejuang ISIS dari Suriah

Global | koran-jakarta.com | Selasa, 4 Oktober 2022 - 07:00
share

Canberra akan menyelamatkan lusinan wanita dan anak-anak Australia dari pejuang Negara Islam dari kamp-kamp pengungsi di Suriah, menyusul misi rahasia oleh badan intelijen keamanan negara itu, media melaporkan pada Senin.

Pemerintah tidak segera mengkonfirmasi laporan bahwa 16 wanita dan 42 anak-anak pejuang ISIS yang tewas atau dipenjara yang telah ditahan di kamp-kamp selama tiga setengah tahun akan dipulangkan.


"Prioritas utama Pemerintah Australia adalah perlindungan warga Australia dan kepentingan nasional Australia, yang diinformasikan oleh nasihat keamanan nasional," kata juru bicara Menteri Dalam Negeri Clare O\'Neil dalam komentar email.

"Mengingat sifat sensitif dari masalah yang terlibat, tidak pantas untuk berkomentar lebih lanjut," ucap Menteri Dalam Negeri Australia Clare O\'Neil .

O\'Neil tidak segera menanggapi seruan rekan oposisinya agar pemerintah meyakinkan warga Australia bahwa siapa pun yang mungkin telah diradikalisasi tidak menimbulkan ancaman saat mereka kembali ke Australia.


Menteri Lingkungan Tanya Plibersek mengatakan pada hari Senin bahwa ada sekitar 40 anak Australia yang tinggal di sebuah kamp di Suriah, dan beberapa ibu mereka ditipu dan dinikahkan dengan pejuang Negara Islam ketika mereka masih sangat muda.

"Ketika mereka kembali ke Australia, saya pikir akan sangat penting bahwa anak-anak khususnya menerima konseling," kata Menteri Lingkungan Tanya Plibersek di televisi Channel 7.

"Tapi saya pikir untuk semua orang yang terlibat, akan ada harapan berkelanjutan bahwa badan keamanan dan intelijen kami akan tetap berhubungan dengan mereka dan memantau mereka," katanya.
Australia pertama kali menyelamatkan delapan anak dan cucu dari dua pejuang ISIS yang tewas dari sebuah kamp pengungsi Suriah pada 2019, tetapi telah menunda pemulangan yang lain sampai sekarang.

Topik Menarik