Loading...
Loading…
Negara Kaya Diminta Tak Mundur dari Penanganan Covid-19

Negara Kaya Diminta Tak Mundur dari Penanganan Covid-19

Global | koran-jakarta.com | Senin, 26 September 2022 - 05:24

LONDON - Penasihat senior di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Bruce Aylward, baru-baru ini mengatakan bahwa jika negara-negara kaya berpikir pandemi telah berakhir, mereka juga harus membantu negara-negara berpenghasilan rendah untuk mencapai titik itu juga.

Dalam sebuah wawancara, Aylward memperingatkan bahwa negara-negara kaya tidak boleh mundur dari menangani Covid-19 sebagai masalah global sekarang, sebelum gelombang infeksi potensial di masa depan.

Dalam beberapa pekan terakhir, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan, akhir pandemi sudah di depan mata. Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, juga mengatakan pandemi sudah berakhir.

"Ketika saya mendengar mereka berkata kini situasi mereka sangat nyaman di sana, itu artinya mereka kini bisa membantu kami menuntaskannya (Covid-19) di seluruh dunia," kata Aylward. "Jika Anda jadi terlena sekarang dan gelombang ini menghantam kita dalam tiga bulan, maka Anda sekalian akan sangat berdosa," imbuh dia.

Aylward mengatakan bahwa kelompok yang dikoordinasikannya, yang berfokus pada akses yang adil ke vaksin, perawatan, dan tes Covid-19 di seluruh dunia, ACT-Accelerator, belum siap untuk keluar dari fase darurat penanganan pandemi . SB/ST/N-3

Original Source