Korsel: Korea Utara akan Menguji Rudal Balistik Diluncurkan dari Kapal Selam

Korsel: Korea Utara akan Menguji Rudal Balistik Diluncurkan dari Kapal Selam

Global | gatra.com | Sabtu, 24 September 2022 - 19:52
share

Seoul, Gatra.com - Militer Korea Selatan (Korsel) telah mendeteksi tanda-tanda jika Korea Utara kemungkinan sedang mempersiapkan pengujian rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM).

Dikutip Reuters, kantor berita Yonhap melaporkan pada hari Sabtu, akan diluncurkan beberapa hari sebelum kunjungan Wakil Presiden AS Kamala Harris.

Yonhap melaporkan, mengutip sumber militer Korea Selatan yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa militer Korsel mendeteksi persiapan minggu ini di Sinpo, Provinsi Hamgyong Selatan, Korea Utara. Tindakan ini sejalan dengan laporan think tank yang berbasis di AS minggu ini, yang mengutip citra satelit komersial.

Baca Juga: Korea Utara Menembakkan Dua Rudal Jelajah dari Kota Pantai Barat Onchon

Kantor kepresidenan dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu mengungkapkan bahwa Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengetahui adanya tanda-tanda dan pergerakan yang menunjukkan provokasi Korea Utara, termasuk SLBM.

Wakil Presiden AS Harris akan mengunjungi kawasan itu minggu depan dan bertemu dengan para pemimpin Jepang dan Korea Selatan.

Baca Juga: Korea Utara kembali Tembakkan Rudal Balistik

Seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan pada briefing pada hari Jumat bahwa uji coba nuklir atau provokasi lainnya mungkin terjadi selama perjalanan Harris ke wilayah tersebut, namun mereka tidak memiliki prediksi.

Sebuah kapal induk AS tiba di Korea Selatan pada hari Jumat untuk pertama kalinya dalam sekitar empat tahun, bergabung dengan kapal militer lainnya untuk berpartisipasi dalam latihan bersama dengan pasukan Korea Selatan.

Baca Juga: Korea Utara Nyatakan Telah Menguji Rudal Jelajah Jarak Jauh Terbarunya

Korea Utara telah mengecam pengerahan militer AS sebelumnya dan latihan bersama itu dianggapnya bukti kebijakan sikap bermusuhan oleh Washington dan Seoul.

Topik Menarik