Hormati Ratu Elizabeth, Presiden Xi Jinping Utus Wapres Wang Qishan Hadiri Pemakamannya

Hormati Ratu Elizabeth, Presiden Xi Jinping Utus Wapres Wang Qishan Hadiri Pemakamannya

Global | koran-jakarta.com | Minggu, 18 September 2022 - 10:50
share

BEIJING - Presiden Tiongkok Xi Jinping mengutus Wakil Presiden Wang Qishan menghadiri upacara pemakaman Ratu Elizabeth II di Inggris.

Kedatangan Wang atas undangan pemerintah Kerajaan Inggris, demikian pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok (MFA) Mao Ning di Beijing, Sabtu (17/9).

Wapres Wang pada Senin (12/9) mengunjungi Kedutaan Besar Tiongkok di Inggris untuk menyampaikan pesan duka cita atas wafatnya Ratu Elizabeth.

Wang menilai Sang Ratu sangat berperan besar dalam meningkatkan hubungan bilateral Tiongkok-Inggris.

Selain penguasa pertama Inggris yang berkesempatan mengunjungi Tiongkok, Sang Ratu juga telah beberapa kali menerima kunjungan para pemimpin Tiongkok ke Inggris.

"Tahun ini menandai peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Inggris. Perkembangan hubungan bilateral telah menunjukkan kestabilan selama kedua belah pihak mengikuti prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan," kata Wang.

Beberapa media di Inggris, Jumat (16/9), melaporkan bahwa parlemen Inggris melarang seorang anggota delegasi Tiongkok yang mendampingi Wang Qishan memasuki area Westminster Hall, tempat jenazah Sang Ratu dibaringkan.

Larangan itu sebagai tindakan balasan atas sanksi yang dijatuhkan oleh Tiongkok kepada tujuh anggota parlemen Inggris terkait isu Uighur di Xinjiang.

Menanggapi hal tersebut, Mao Ning mengatakan bahwa kehadiran delegasi asing itu atas undangan pihak Inggris untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mendiang Ratu dan menghargai pihak pengundang.

"Sebagai tuan rumah, pihak Inggris tentu memahami protokol diplomatik dan tata krama saat menerima tamu," kata diplomat perempuan itu.

Topik Menarik