Pasukan Putin `Kocar-kacir`! Ukraina Klaim Rebut Kembali Ribuan Kilometer Wilayahnya, Moskow Keok?

Pasukan Putin `Kocar-kacir`! Ukraina Klaim Rebut Kembali Ribuan Kilometer Wilayahnya, Moskow Keok?

Global | koran-jakarta.com | Senin, 12 September 2022 - 16:35
share

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengungkapkan, pasukan negaranya berhasil merebut kembali 2.000 kilometer (km) wilayahnya. Lebih lanjut, Zelensky menyebut tentara Rusia melarikan diri dari serangan balasan yang diluncurkan Angkatan Darat Ukraina.

"Untuk saat ini, sejak awal September, sekitar 2.000 kilometer telah dibebaskan," kata Zelensky, dikutip dari AFP , Senin (12/9).

Dilansir dari Times Now , pasukan Ukraina sejak September telah melancarkan serangan balasan untuk merebut kembali wilayah yang dicaplok oleh pasukan Rusia di wilayah Kharkiv di bagian timur laut negara itu.

Zelensky mengatakan, melarikan diri merupakan pilihan terbaik yang dibuat oleh tentara Rusia. Ia menambahkan bahwa tidak akan ada tempat bagi penjajah di Ukraina.

Sebelumnya pada hari itu, pasukan Ukraina merebut kembali Kupiansk di Ukraina timur. Khususnya, Kupiansk terletak di rute pasokan penting bagi pasukan Rusia di timur. Kota itu direbut oleh pasukan Rusia selama hari-hari awal invasi.

Tentara Ukraina juga tampaknya telah menguasai kota Iyzum di bagian timur negara yang dilanda perang itu. Namun sejauh ini belum ada pengumuman resmi terkait hal tersebut. Khususnya, gambar yang muncul di media sosial menunjukkan pasukan Ukraina memasuki Iyzum. Populasi pra-perang kota ini adalah sekitar 45.000.

Rusia memulai operasi militernya di Ukraina pada 24 Februari tahun ini. Pertempuran kini meningkat di bagian timur dan timur laut Ukraina. Pasukan Ukraina telah membuat keuntungan tak terduga di wilayah itu dalam beberapa hari terakhir.

Topik Menarik