Cara Unik Rayakan HUT RI, Dekorasi Merah Putih Hiasi Konservasi Harimau Sumatera di Taronga Zoo Australia

Cara Unik Rayakan HUT RI, Dekorasi Merah Putih Hiasi Konservasi Harimau Sumatera di Taronga Zoo Australia

Global | koran-jakarta.com | Senin, 15 Agustus 2022 - 08:54
share

JAKARTA - Konsulat Jenderal RI di Sydney menghadirkan dekorasi khas Tanah Air di salah satu kebun binatang kota tersebut untuk memperingati HUT ke-77 RI.

Dalam keterangan tertulis KJRI Sydney yang diterima di Jakarta, Minggu (15/8), dikatakan bahwa sejak awal Agustus lalu, Kebun Binatang Taronga telah menampilkan dekorasi bernuansa merah putih di salah satu bagiannya, yakni Tiger Trek.

Tiger Trek yang merupakan tempat konservasi harimau Sumatera sejak lima tahun lalu itu menjadi cermin hubungan baik antara Indonesia dan Australia.

"Saat ini, Australia merupakan salah satu mitra penting Indonesia dalam bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata," kata Konsul Jenderal RI di Sydney Vedi Kurnia Buana dalam keterangan tersebut.

Kawasan itu didekorasi tak hanya dengan nuansa merah putih, namun juga dibuat menyerupai kawasan Taman Nasional Way Kambas di Lampung. Selain itu, ada pula gerobak mie ayam, warung kelontong, dan gapura selamat datang yang melengkapi suasana tersebut.

Kolaborasi antara KJRI Sydney dan Taronga Zoo untuk memperingati hari jadi Indonesia, didukung oleh para diaspora Indonesia di negara bagian New South Wales, juga mencerminkan kuatnya hubungan antar-masyarakat kedua negara.

Selain itu, pentingnya konservasi harimau Sumatera juga menjadi salah satu pesan yang hendak disampaikan dalam kolaborasi tersebut.

"Saya mengajak para hadirin untuk turut merayakan keberadaan harimau Sumatera dengan cara turut berpartisipasi dalam upaya konservasinya," tambah Konjen Vedi.

Adapun pada Sabtu (13/8), pihak KJRI juga menggelar perayaan di kawasan Tiger Trek Kebun Binatang Taronga yang dimeriahkan dengan berbagai penampilan seni tradisional.

Gelaran tersebut, menurut KJRI Sydney, mendapat respons positif tak hanya dari diaspora Indonesia namun juga dari masyarakat lokal.

Perayaan HUT RI di Kebun Binatang Taronga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-77 RI oleh KJRI Sydney. Sejumlah rangkaian perlombaan telah dilaksanakan, termasuk turnamen sepak bola Piala Merdeka, lomba tenis meja, kompetisi e-sports , lomba fotografi, serta lomba menyanyikan lagu nasional dan daerah.

Topik Menarik