Mengerikan! AS Pasang Perisai Rudal di Korea Selatan Hingga Berhasil Merusak Hubungan 2 Negara Asia Timur Ini

Mengerikan! AS Pasang Perisai Rudal di Korea Selatan Hingga Berhasil Merusak Hubungan 2 Negara Asia Timur Ini

Global | koran-jakarta.com | Jum'at, 12 Agustus 2022 - 14:30
share

China dan Korea Selatan bentrok pada hari Kamis mengenai perisai pertahanan rudal Amerika Serikat, mengancam akan merusak upaya pemerintah baru di Seoul untuk mengatasi perbedaan keamanan yang sudah berlangsung lama.

Ketidaksepakatan atas sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) yang dipasang di Korea Selatan muncul setelah kunjungan pertama Menteri Luar Negeri Korea Selatan yang tampaknya mulus ke China minggu ini.

China, yang berpendapat bahwa radar kuat THAAD dapat mengintip ke wilayah udaranya, membatasi perdagangan dan impor budaya setelah Seoul mengumumkan penempatannya pada tahun 2016, memberikan pukulan besar bagi hubungan.

Seorang pejabat senior di kantor kepresidenan Korea Selatan mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa THAAD adalah alat pertahanan diri dan tidak akan pernah dapat dinegosiasikan, setelah China menuntut agar Korea Selatan tidak mengerahkan baterai lagi dan membatasi penggunaan baterai yang sudah ada.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, melihat sistem itu sebagai kunci untuk melawan rudal Korea Utara, telah bersumpah untuk mengabaikan janji pemerintah sebelumnya untuk tidak meningkatkan penempatan THAAD, dan tidak berpartisipasi dalam perisai rudal global pimpinan AS atau membuat aliansi militer trilateral yang melibatkan Jepang.

Di jalur kampanye, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol yang konservatif berjanji untuk membeli baterai THAAD lain, tetapi sejak menjabat pada bulan Mei, pemerintahnya telah berfokus pada apa yang oleh para pejabat disebut "menormalkan" pengoperasian sistem yang dimiliki dan dioperasikan AS.

Menteri Luar Negeri Korea Selatan Park Jin dan mitranya dari China, Wang Yi, bertemu pada hari Selasa, membahas cara untuk membuka kembali negosiasi denuklirisasi dengan Korea Utara dan melanjutkan ekspor budaya, seperti musik dan film K-pop, ke China.

Seorang juru bicara Wang mengatakan pada hari Rabu bahwa keduanya telah "setuju untuk menganggap serius masalah sah satu sama lain dan terus menangani dan mengelola masalah ini dengan hati-hati untuk memastikan itu tidak menjadi batu sandungan bagi pertumbuhan hubungan bilateral yang sehat dan stabil".

Juru bicara China mengatakan pada briefing bahwa penempatan THAAD di Korea Selatan "merusak kepentingan keamanan strategis China".

Park, bagaimanapun, mengatakan kepada Wang bahwa Seoul tidak akan mematuhi perjanjian 2017, yang disebut "Tiga Tidak", karena itu bukan janji atau perjanjian formal, kata kementerian luar negeri Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Washington bersikeras pada hari Kamis bahwa THAAD adalah "kemampuan pertahanan diri yang bijaksana dan terbatas" untuk Korea Selatan dan "tindakan defensif murni" terhadap ancaman rudal Korea Utara.

"Kritik atau tekanan pada Korea Selatan (Korea Selatan) untuk meninggalkan pertahanan dirinya tidak pantas," kata wakil juru bicara Departemen Luar Negeri Vedant Patel kepada wartawan melalui panggilan singkat.

China juga menegaskan bahwa Korea Selatan mematuhi "satu batasan" - membatasi penggunaan baterai THAAD yang ada. Korea Selatan tidak pernah mengakui elemen itu, tetapi pada hari Rabu, juru bicara Wang menekankan bahwa China mementingkan posisi "tiga Tidak dan satu pembatasan".

Menteri Pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup mengatakan kebijakan THAAD tidak akan berubah karena penentangan China, dan radar sistem tidak dapat digunakan untuk melawan China.

"Baterai saat ini tidak terstruktur untuk memainkan peran apa pun dalam pertahanan AS tetapi ditempatkan di lokasi di mana hanya dapat mempertahankan semenanjung Korea," katanya kepada wartawan.

Selama kunjungan Park ke kota pelabuhan timur Qingdao, Global Times milik Partai Komunis China memuji Yoon karena menunjukkan "diplomasi independen dan rasionalitas terhadap China" dengan tidak bertemu langsung dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi ketika dia berkunjung minggu lalu. .

Namun surat kabar itu memperingatkan bahwa masalah THAAD adalah "bahaya besar yang tersembunyi yang tidak dapat dihindari dalam hubungan China-Korea Selatan".

Topik Menarik