Loading...
Loading…
Argentina Terkejut Jatuh ke "Jurang" Krisis Global! Mengerikan Ini Merupakan Inflasi Tertinggi Dalam 20 tahun Terakhir

Argentina Terkejut Jatuh ke "Jurang" Krisis Global! Mengerikan Ini Merupakan Inflasi Tertinggi Dalam 20 tahun Terakhir

Global | koran-jakarta.com | Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:47

Bank sentral Argentina menaikkan suku bunga acuannya sebesar 950 basis poin pada Kamis (11/08). hal itu dilakukan oleh pemerintah Argentina karena negara itu berjuang untuk menahan inflasi spiral yang naik ke level tertinggi 20 tahun sebesar 71%, menurut data baru.

Bank sentral menaikkan suku bunga acuan \'Leliq\' untuk jangka waktu 28 hari menjadi 69,5% dari 60%, tingkat yang ditetapkan bank hanya dua minggu lalu ketika menaikkan suku bunga sebesar 800 basis poin dan pemerintah mengocok Kabinetnya untuk memasang ekonomi baru "superminister."

Data inflasi baru pada hari Kamis menggarisbawahi urgensi yang mendorong kebijakan ekonomi: Harga naik 7,4% pada bulan Juli, di atas ekspektasi dan mendorong inflasi tahunan ke level tertinggi 20 tahun sebesar 71%.

Bulan itu melihat pengunduran diri menteri keuangan lama Presiden Alberto Fernandez diikuti dengan penggulingan penggantinya.

Angka-angka tersebut memupus harapan bahwa laporan inflasi optimis minggu ini di Amerika Serikat dan Brasil, di mana harga turun ke rekor 0,68% pada bulan Juli, mungkin menandakan kabar baik bagi ekonomi terbesar di Kerucut Selatan.

Di Meksiko, bank sentral pada hari Kamis juga menaikkan suku bunga acuan negara itu tiga perempat poin persentase menjadi 8,5%, level tertinggi sejak rezim bank saat ini diberlakukan pada tahun 2008. Inflasi tahunan Meksiko naik bulan lalu menjadi 8,15% , level yang tidak terlihat sejak Desember 2000.

Bank sentral Argentina dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa keputusannya "akan membantu mengurangi ekspektasi inflasi untuk sisa tahun ini dan mengkonsolidasikan stabilitas keuangan dan pertukaran."

Bank juga mengatakan keputusan itu bertujuan untuk membawa suku bunga lebih dekat "ke medan positif secara riil."

Tingkat bunga riil yang positif adalah salah satu poin yang disepakati antara Argentina dan Dana Moneter Internasional (IMF) dalam kesepakatan utang senilai $45 miliar baru-baru ini.

Mengurangi inflasi, yang diperkirakan akan mencapai 90% pada akhir tahun, serta utang Argentina yang melumpuhkan dan pengeluaran berlebihan yang kronis, menjadi agenda utama Menteri Ekonomi terbaru negara itu, Sergio Massa, yang juga telah mengambil alih kekuasaan manufaktur dan pertanian.

Massa pada hari Kamis menyampaikan urgensi ketika mengumumkan rencana untuk memberikan manfaat pajak dan bea cukai kepada perusahaan minyak dan untuk memotong beberapa birokrasi dalam upaya untuk meningkatkan investasi dalam formasi serpih Vaca Muerta negara itu.

"Vaca Muerta semakin cepat dilacak mulai hari ini," kata Menteri Ekonomi Argentina, Sergio Massa.

Original Source

Topik Menarik