Loading...
Loading…
Gejolak Krisis Global! PM Jepang Blak-Blakan Negaranya Terkena Pukulan Kenaikan Harga Energi Hingga Pangan

Gejolak Krisis Global! PM Jepang Blak-Blakan Negaranya Terkena Pukulan Kenaikan Harga Energi Hingga Pangan

Global | koran-jakarta.com | Jumat, 12 Agustus 2022 - 11:59

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida telah menjanjikan langkah-langkah baru untuk menghadapi kenaikan bahan bakar hingga harga pangan yang kini tengah dialami oleh negaranya.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan dia akan menginstruksikan pemerintahnya untuk membuat langkah-langkah tambahan untuk meredam pukulan ekonomi dari kenaikan harga energi dan pangan.

Hal tersebut seperti yang dilansirkan oleh Reuters.com berdasarkan ucapan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada Senin, (08/08).

Tidak hanya itu Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan dia akan mengeluarkan perintah itu pada pertemuan panel pemerintah pada hari Senin yang akan membahas langkah-langkah untuk membantu pengecer dan rumah tangga mengatasi kenaikan biaya hidup. Hal itu disampaikannya pada hari Jumat.

"Saya akan memesan langkah-langkah tambahan yang mulus untuk diambil dengan fokus pada energi dan harga pangan, yang merupakan sebagian besar kenaikan inflasi baru-baru ini," kata Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida kepada wartawan.

Menangani kenaikan biaya hidup telah menjadi salah satu prioritas kebijakan utama Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida untuk menopang konsumsi dan memastikan ekonomi Jepang membuat pemulihan berkelanjutan dari kerusakan akibat pandemi.

Meskipun jauh lebih rendah daripada di negara-negara maju lainnya, inflasi konsumen Jepang melebihi target 2% bank sentral selama tiga bulan berturut-turut di bulan Juni karena sebagian besar kenaikan bahan bakar dan biaya bahan baku global.

Setelah merombak kabinetnya pada hari Rabu, Kishida mengatakan pada konferensi pers bahwa pemerintah akan memanfaatkan cadangan untuk sementara waktu untuk membayar langkah-langkah tambahan.

Namun dia juga mengatakan pemerintah siap untuk mengambil tindakan lebih lanjut jika inflasi terus meningkat, sebuah petunjuk yang mungkin bahwa anggaran tambahan dapat disusun akhir tahun ini untuk meredam pukulan terhadap perekonomian.

Original Source

Topik Menarik